PRODUKTIF DI MASA PANDEMI - PENGEMBANGAN POTENSI MASYARAKAT DI KELURAHAN CISANTREN ENDAH, KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31316/jbm.v4i1.1802Keywords:
Digital Marketing, Manajemen UMKM, Pembukuan Sederhana, UMKM.Abstract
Di tengah masa pandemi yang belum juga mereda, perekonomian diusahakan untuk perlahan pulih kembali. Masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dan produktif. Ibu-ibu PKK Cisantren Endah yang belum memiliki keahlian dasar baik dari segi produksi maupun manajemen sederhana (pemasaran dan keuangan). Berkaitan denganhal tersebut, solusi yang diberikan adalah memberikan pelatihan dasar baik dari segi produksi maupun manajemen. Bekerja sama dengan mtra Binaan Azwa Handycraft, tim Pengabdian Masyarakat STIE Ekuitas memberikan pelatihan serta kemudian monotoring dan evaluasi. Program PKM tahun ini merupakan tahap awal dari rangkaian 3 tahun ke depan untuk mengembangkan usaha peserta yang potensial. Setelah pelatihan diharapkan peserta yang sudah memiliki usaha sederhana maupun yang akan berusaha dapat mengembangkannya. Keahlian di bidang produksi, marketing dan keuangan sederhana merupakan hal yang juga diberikan kepada peserta sebagai modal untuk memulai usaha. Setelah pelatihan dilakukan survey monitoring dan evaluasi mengenai perkembangan usaha peserta dan dampak pelatihan.
References
Cahyono, B. (2014). Implementasi Media Software Geogebra dan Screencase dalam Bernardin, H.J., Russel, E.A. (1993). Human resource Management, An Experiential Approach. Mc. Graw Hill International Edition, Singapore: Mac Graw Hill Book Co
Bygrave, dalam Rihardjo Adisasmita, (2013), Teori-teori Pembangunan Ekonomi : Pertumbuhan Ekonomi danPertumbuhan Wilayah, Makassar, Graha Ilmu, hlm. 60-61
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta:: Erlangga.
R.W. Suparyanto, S.E, M.M, 2012, Kewirausahaan Konsep dan Realita Pada Usaha Kecil, Bandung, CV. Afabeta, 2012
Solehudin Murpi S.T dan Dea Tantya Iskandar, 2011, Manajemen Bisnis Untuk Orang Awam, Jakarta, Laskar Aksara.
Yuyun W. (2003:255), Pembangunan Ekonomi dan Kewirausahaan, dalam Sutiyastie Soemitro, Armida SA., Rina Indiastuti, Ferry Hadiyanto (Editor), Analisis Ekonomi Jawa Barat. Bandung UNPAD Pres.
Aisyah.(2018), Penerapan Digital marketing dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro, Kecil dan menengah Sektor Kreatif di Indonesia dan Malaysia, Tesis Srkolah Pasca Sarjana IPB
Carniels MCI,Heidi KLL,Cees JG. 2014. Explaining the internet usage of SMEs: The Impact of market orientation, behavioral norms, motivation and technology acceptance. Emerald
Chaffey. Dave(2013). E-marketing Excellence, Planning and Optimizing your Digital Marketing, 4 th edition, Routledge, Taylor&Francis Group, London and New York
Icha O. 2016. Effectiveness of Social Media Network as a Strategis tool for Organizational Marketing Management.J of Inter bank and Comm.21
Kannan & Hongshuang, (2016). Digital Marketing:A framework, Review and Research. agenda/Elseiver,vol 34(1) pages 22-45. International Journal of Research in Marketing
K. Herdrik. (2010), Membuar Report Akuntansi Tanpa Repot dengan Excel (2007, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Mujiana, S .,M Abdul (2012). Pengaruh Penerapan Periklanan di internet dan Pemasaran melalui e-mail Produk UMKM di Wilayah Depok, Undip,7(3)
Mokhtar NF, Zuha RAH,M Abu SAH.2016. Applying Technology Organization and Environment (TOE) Model in Social Media Marketing Adoption: The Case of Small and Medium Enterprise in Kelantan, Malaysia The Social Science.11(21).5139-5144
P. Duwi. (2009), Akuntansi Sederhana untuk UKM dengan MS. Excel, Jakarta : PT Buku Kita.
Purwana BSD, Rahmi, Aditya S.(2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) di kelurahan Malaka Sari Duren Sawit,JPMM1(1).doi:doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01
Porter, Michael, E (1990). Competitive Strategy/The Free Press. New York
W. Tri. (2015), Pantangan dalam Bisnis, Jakarta : PT Gramedia Pustaka U
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.