PRODUKTIF DI MASA PANDEMI - PENGEMBANGAN POTENSI MASYARAKAT DI KELURAHAN CISANTREN ENDAH, KOTA BANDUNG

Authors

  • Henny Utarsih STIE EKUITAS, Indonesia
  • Heppy Agustiana STIE EKUITAS, Indonesia
  • Erlynda Kasim STIE EKUITAS, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v4i1.1802

Keywords:

Digital Marketing, Manajemen UMKM, Pembukuan Sederhana, UMKM.

Abstract

Di tengah masa pandemi yang belum juga mereda, perekonomian diusahakan untuk perlahan pulih kembali. Masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dan produktif. Ibu-ibu PKK Cisantren Endah yang belum memiliki keahlian dasar baik dari segi produksi maupun manajemen sederhana (pemasaran dan keuangan). Berkaitan denganhal tersebut, solusi yang diberikan adalah memberikan pelatihan dasar baik dari segi produksi maupun manajemen. Bekerja sama dengan mtra Binaan Azwa Handycraft,  tim Pengabdian Masyarakat STIE Ekuitas memberikan pelatihan serta kemudian monotoring dan evaluasi. Program PKM tahun ini merupakan tahap awal dari rangkaian 3 tahun ke depan untuk mengembangkan usaha peserta yang potensial. Setelah pelatihan diharapkan peserta yang sudah memiliki usaha sederhana maupun yang akan berusaha  dapat mengembangkannya.  Keahlian di bidang produksi,  marketing dan keuangan sederhana merupakan hal yang juga diberikan kepada peserta sebagai modal untuk memulai usaha. Setelah pelatihan dilakukan survey monitoring dan evaluasi mengenai perkembangan usaha peserta dan dampak pelatihan.

Author Biography

Henny Utarsih, STIE EKUITAS

Economic- management - Lektor

References

Cahyono, B. (2014). Implementasi Media Software Geogebra dan Screencase dalam Bernardin, H.J., Russel, E.A. (1993). Human resource Management, An Experiential Approach. Mc. Graw Hill International Edition, Singapore: Mac Graw Hill Book Co

Bygrave, dalam Rihardjo Adisasmita, (2013), Teori-teori Pembangunan Ekonomi : Pertumbuhan Ekonomi danPertumbuhan Wilayah, Makassar, Graha Ilmu, hlm. 60-61

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta:: Erlangga.

R.W. Suparyanto, S.E, M.M, 2012, Kewirausahaan Konsep dan Realita Pada Usaha Kecil, Bandung, CV. Afabeta, 2012

Solehudin Murpi S.T dan Dea Tantya Iskandar, 2011, Manajemen Bisnis Untuk Orang Awam, Jakarta, Laskar Aksara.

Yuyun W. (2003:255), Pembangunan Ekonomi dan Kewirausahaan, dalam Sutiyastie Soemitro, Armida SA., Rina Indiastuti, Ferry Hadiyanto (Editor), Analisis Ekonomi Jawa Barat. Bandung UNPAD Pres.

Aisyah.(2018), Penerapan Digital marketing dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro, Kecil dan menengah Sektor Kreatif di Indonesia dan Malaysia, Tesis Srkolah Pasca Sarjana IPB

Carniels MCI,Heidi KLL,Cees JG. 2014. Explaining the internet usage of SMEs: The Impact of market orientation, behavioral norms, motivation and technology acceptance. Emerald

Chaffey. Dave(2013). E-marketing Excellence, Planning and Optimizing your Digital Marketing, 4 th edition, Routledge, Taylor&Francis Group, London and New York

Icha O. 2016. Effectiveness of Social Media Network as a Strategis tool for Organizational Marketing Management.J of Inter bank and Comm.21

Kannan & Hongshuang, (2016). Digital Marketing:A framework, Review and Research. agenda/Elseiver,vol 34(1) pages 22-45. International Journal of Research in Marketing

K. Herdrik. (2010), Membuar Report Akuntansi Tanpa Repot dengan Excel (2007, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Mujiana, S .,M Abdul (2012). Pengaruh Penerapan Periklanan di internet dan Pemasaran melalui e-mail Produk UMKM di Wilayah Depok, Undip,7(3)

Mokhtar NF, Zuha RAH,M Abu SAH.2016. Applying Technology Organization and Environment (TOE) Model in Social Media Marketing Adoption: The Case of Small and Medium Enterprise in Kelantan, Malaysia The Social Science.11(21).5139-5144

P. Duwi. (2009), Akuntansi Sederhana untuk UKM dengan MS. Excel, Jakarta : PT Buku Kita.

Purwana BSD, Rahmi, Aditya S.(2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) di kelurahan Malaka Sari Duren Sawit,JPMM1(1).doi:doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Porter, Michael, E (1990). Competitive Strategy/The Free Press. New York

W. Tri. (2015), Pantangan dalam Bisnis, Jakarta : PT Gramedia Pustaka U

Downloads

Published

28-02-2022

Citation Check