PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH TERDAMPAK COVID-19 DI FORUM PENDIDIKAN ANAK NEGERI MAGELANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v4i1.1894

Keywords:

Pendampingan, belajar, anak usia sekolah dan Covid-19

Abstract

ABSTRAK

Pendampingan belajar pada anak usia sekolah terdampak covid-19 ini adalah salah satu pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Tujuan pengabdian ini dilakukan untuk memberikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Metode pelaksanaan pendampingan belajar dilakukan secara luring yaitu dengan cara bertatap muka secara langsung selama proses belajar mengajar. Pendampingan ini diberikan kepada seluruh anak usia sekolah di forum pendidikan anak negeri di Magelang. Sebelum melakukan pendampingan terlebih dahulu dilakukan observasi lapangan untuk mengetahui permasalahan yang ada di forum pendidikan anak negeri, dilanjutkan dengan membuat rancangan kegiatan. Materi pendampingan disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan siswa. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa siswa sangat termotivasi selama proses pembelajaran dan merasa terbantu dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sekolah. Dan proses pendampingan berjalan dengan baik dan lancar. Pemberian motivasi dilakukan dengan cara memberi pujian, memberi hadiah dan memberi penilaian dari tugas-tugas yang dikerjakan

Author Biographies

Siti Maisaroh, Universitas PGRI Yogyakarta

PGSD FKIP UPY

Danuri danuri, Universitas PGRI Yogyakarta

PGSD FKIP UPY

References

Novianti, N. R. (2011). Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA. Edisi khusus, 1, 158-166.

Patria, L., & Yulianto, K. (2011). Pemanfaatan Facebook untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. Repository UT, 1(1).

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6(2).

Saputra HD, Ismet F, Andrizal A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap HasilBelajar Siswa SMK. INVOTEK J. Inov.Vokasional dan Teknol. 18:25–30.

Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid19 (Studi Kasus Smp Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan).Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(2),149–162.

Wahyuningsih S, Abbas E. W. & Mutiani M. (2020). Implementation of Leadership Value of Rudy Resnawan as a Leaning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 169–177

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).

Downloads

Published

12-01-2022

Citation Check