PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH TERDAMPAK COVID-19 DI FORUM PENDIDIKAN ANAK NEGERI MAGELANG
DOI:
https://doi.org/10.31316/jbm.v4i1.1894Keywords:
Pendampingan, belajar, anak usia sekolah dan Covid-19Abstract
ABSTRAK
Pendampingan belajar pada anak usia sekolah terdampak covid-19 ini adalah salah satu pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Tujuan pengabdian ini dilakukan untuk memberikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Metode pelaksanaan pendampingan belajar dilakukan secara luring yaitu dengan cara bertatap muka secara langsung selama proses belajar mengajar. Pendampingan ini diberikan kepada seluruh anak usia sekolah di forum pendidikan anak negeri di Magelang. Sebelum melakukan pendampingan terlebih dahulu dilakukan observasi lapangan untuk mengetahui permasalahan yang ada di forum pendidikan anak negeri, dilanjutkan dengan membuat rancangan kegiatan. Materi pendampingan disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan siswa. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa siswa sangat termotivasi selama proses pembelajaran dan merasa terbantu dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sekolah. Dan proses pendampingan berjalan dengan baik dan lancar. Pemberian motivasi dilakukan dengan cara memberi pujian, memberi hadiah dan memberi penilaian dari tugas-tugas yang dikerjakanReferences
Novianti, N. R. (2011). Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA. Edisi khusus, 1, 158-166.
Patria, L., & Yulianto, K. (2011). Pemanfaatan Facebook untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. Repository UT, 1(1).
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6(2).
Saputra HD, Ismet F, Andrizal A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap HasilBelajar Siswa SMK. INVOTEK J. Inov.Vokasional dan Teknol. 18:25–30.
Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid19 (Studi Kasus Smp Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan).Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(2),149–162.
Wahyuningsih S, Abbas E. W. & Mutiani M. (2020). Implementation of Leadership Value of Rudy Resnawan as a Leaning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 169–177
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.