PENGUATAN LITERASI SOSIAL ANAK USIA DINI PADA SISWA SEKOLAH PAUD SEJENIS (SPS) WORTEL DI BANTULKARANG, RINGINHARJO, BANTUL, KABUPATEN BANTUL

Authors

  • Esti Setiawati Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Khikmah Novitasari Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v1i1.237

Keywords:

literasi, sosial, usia dini.

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi sosial  anak usia dini di SPS “Wortel†Bantul Karang, Ringinharjo, Bantul. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan  melalui beberapa metode kegiatan yaitu : 1) memberikan materi pola asuh anak usia dini kepada orangtua siswa dengan ceramah variatif melalui gambar dan power point, 2) memberikan penguatan literasi sosial melalui cerita dan  gambar seri, 3) memberikan penguatan literasi sosial melalui bermain.  Kegiatan  pertama diikuti oleh orangtua siswa sebanyak 23 orang, 23 siswa, dan empat guru.  Kegiatan  kedua diikuti oleh 27 siswa dan empat guru.   Kegiatan  ketiga diikuti oleh 26 siswa dan empat guru.

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan orangtua siswa, serta observasi, kegiatan  penguatan literasi sosial anak usia dini ini  menghasilkan  temuan sebagai berikut : 1) pemahaman orangtua siswa terkait pola asuh anak meningkat baik; 2) pemahaman literasi sosial anak meningkat  melalui cerita dan gambar; dan 3) pemahaman literasi sosial anak meningkat melalui bermain.

Author Biography

Esti Setiawati, Universitas PGRI Yogyakarta

Universitas PGRI Yogyakarta

References

Brewer, Jo Ann. (2007). Early Childhood Education. USA: PEARSON.

Hamilton, M. and Hillier, Y. (2006) Changing Faces of Adult Literacy, Language and Numeracy. A Critical History. Stoke on Trent: Trentham Books.

Hurlock, Elizabeth. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga.

Kennedy, E. et all (2012) Literacy in Early Childhood and Primary Education (3-8 years). Dublin: National Council for Curriculum and Assessment

Kontelnik, dkk. (1999). Developmentally Appropriate Curriculum. New Jersey. Prentice-Hall Inc.

Kuder, S. J. & Cindi H. (2002). Enhanching Literacy For All Students. USA: Pearson Education Inc.

Mishra, A.T. (2016). Literacy of the other: The inner life of literacy. Journal of Early Childhood Literacy, 15(1) 119–140. Diunduh pada tanggal 23 Desember 2018 dari http://ecl.sagepub.com/content/15/1/119.full.pdf+html

National Council for Curriculum and Assessment (NCCA) (2009). Aistear: the Early Childhood Curriculum Framework. Dublin: Author.

Ruhaena, L. (2015). Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi. 42 (1), 47 – 60.

Snow, C.S. (2008). What counts as Literacy in Early Childhood? Hand book of Early Childhood Development. Singapore: C.O.S Printers.

Downloads

Published

09-02-2019

Citation Check