PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN KEPADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH GUNA MENUJU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH YANG MEMILIKI DAYA SAING

Authors

  • Amir Hidayatulloh Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Dwi Novianasari Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Fariz Abdillah Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v4i2.2388

Keywords:

Sosialisasi, Pelatihan, Pendampingan, Laporan Keuangan, Strategi Bisnis

Abstract

Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan masyarakat, proses pemerataan yang lebih baik, serta meningkatkan stabilitas nasional. Dari sisi jumlah, UMKM di Indonesia mengalami peningkatan. Akan tetapi, peningkatan ini belum diimbangi dengan peningkatan pemahaman maupun keterampilan pelaku UMKM tentang laporan keuangan dan strategi bisnis. Hal inilah yang mendorong pengabdi untuk melakukan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan kepada pelaku UMKM di Dukuh Sukorame, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengenai laporan keuangan dan strategi pemasaran. Sebelum adanya pengabdian, pelaku UMKM sudah menganggap bahwa laporan keuangan dan strategi pemasaran penting baginya akan tetapi pelaku UMKM belum mengimplementasikannya. Oleh karena itu, adanya pengabdian ini dapat mendorong pelaku UMKM dapat mengimplementasikan pembuatan laporan keuangan dan strategi pemasaran.

References

Hidayatulloh, A., Ainy, R. N., & Nafiati, L. (2019). Peningkatan akuntabilitas keuangan kelompok UMKM ‘ A isyiah Bantul melalui pelatihan pembukuan dan perpajakan. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 681–686.

Hidayatulloh, A., & Fatma, F. D. (2019). Sosialisasi Peran Umkm Dan Peraturan Pemerintah Sadar Pajak. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 3(1), 29–32.

Hidayatulloh, A., & Maulana, R. (2021). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Dan Pajak Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Secara Daring. Jurnal Berdaya Mandiri, 3(1), 446–451. https://doi.org/10.31316/jbm.v3i1.1231

Jayani, D. H. (2021). Kontribusi UMKM terhadap Ekonomi Terus Meningkat. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2020). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2016 - 2019.

Rianto, D., & Hidayatulloh, A. (2020). Penggunaan Informasi Akuntansi dan Umur Usaha Mendorong Keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Batik di Kota Yogyakarta. SAINS: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(2), 299–312.

Sandra, A., & Purwanto, E. (2015). Pengaruh Faktor-faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah di Jakarta. Business Management Journal, 11(1).

Sari, A. D., Suharno, & Achmad, G. N. (2021). Pengaruh Inovasi Pemasaran terhadap Kinerja Inovatif dan Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) Kota Bontang. Jurnal Sinar Manajemen, 08(1), 23–28. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/wra/article/view/112378

Subroto, S., Hapsari, I. M., & Astutie, Y. P. (2016). Analisis Faktor-fakfor yang mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Brebes. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi Dan Humaniora.

Supriyadi, & Hidayatulloh, A. (2019). Determinan Kinerja Usaha Kecil dan Menengah Ikan Asin di Desa Tanjung Binga Kabupaten Belitung. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 285–294.

Wahid, N. N. (2017). Pengaruh Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan dan Motivasi Terhadap Kinerja UKM di Kota Tasikmalaya. Jurnal Akuntansi, 12(1).

Published

30-06-2022 — Updated on 10-07-2022

Versions

Citation Check