BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA SECARA DARING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN MARGOMULYO

Authors

  • Teguh Prasetyo Universitas Djuanda Bogor, Indonesia
  • Zelika Afaria Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v4i2.2503

Keywords:

bimbingan belajar, belajar secara daring, matematika, sekolah dasar

Abstract

Program bimbingan belajar dari rumah yang biasa disebut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini dilaksanakan secara mandiri di rumah masing-masing. Namun, banyak orang tua mengeluh tentang belajar dari rumah karena merasa  mereka terima selama bertahun-tahun, terutama dalam matematika. Penulis melakukan program bimbingan belajar matematika untuk siswa sekolah dasar melalui pengabdian masyarakat di Dusun Jamblangan Desa Margomulyo. Program bimbingan belajar matematika dari rumah ini dilakukan melalui media Video WhatsApp bagi siswa yang mengikuti program ini. Kegiatan ini dilakukan dalam empat tahap yaitu, (1) pengecekan ketuntasan belajar siswa; (2) menjelaskan materi yang ditanyakan; (3) membiarkan siswa mengerjakan tugas sesuai dengan yang telah dijelaskan; dan (4) menilai hasil belajar. Hasil bimbingan belajar matematika dari rumah yang dilaksanakan secara daring ini menjadi kegiatan tambahan belajar siswa SD untuk penguatan materi-materi belajar di sekolah. Namun, seperti diketahui bahwa kemampuan setiap siswa dalam menerima pembelajaran berbeda-beda. Oleh karena itu, diperlukan perhatian dan kesabaran khusus bagi siswa yang sulit mengikuti pelajaran di masa pandemi

References

Ansel, M. F., & Pawe, N. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 301–312. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1209

Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Leksono, I. D., Kusuma, A. T., Fernanda, R. S., & ... (2021). Program Bimbingan Belajar Di Pucang Arjo, Surabaya Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Untuk Siswa TK Hingga SD (Sekolah Dasar). Jurnal Layanan Masyarakat, 5(1). https://www.e-journal.unair.ac.id/jlm/article/view/25437

Manik, S. (2020). Upaya Meningkatkan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Pena Edukasi, 7(1), 29–34. https://doi.org/http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPE/article/view/455

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, R., & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 894–902.

Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal …. http://pemas.unisla.ac.id/index.php/JAB/article/view/7

Sao, S., Mei, A., Ningsih, N., Mei, M. F., Wondo, M. T. S., Seto, S. B., Naja, F. Y., Meke, K. D. P., & Manda, G. S. (2021). Bimbingan Belajar di Rumah Menggunakan Alat Peraga Blok Pecahan pada Masa Pandemi Covid 19. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 193–201. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i2.1031

Satgas, C. (2021). Data Terkait COVID-19 di Yogyakarta. Corona. Jogjaprov.Go.Id. https://corona.jogjaprov.go.id/data-statistik

Theresia, S., Sipayung, R., & Simarmata, E. J. (2020). Pengaruh Peran Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika Kelas VA SD Agia Sophia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 407–412. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.556

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Published

30-06-2022

Citation Check