BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA SECARA DARING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN MARGOMULYO
DOI:
https://doi.org/10.31316/jbm.v4i2.2503Keywords:
bimbingan belajar, belajar secara daring, matematika, sekolah dasarAbstract
Program bimbingan belajar dari rumah yang biasa disebut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini dilaksanakan secara mandiri di rumah masing-masing. Namun, banyak orang tua mengeluh tentang belajar dari rumah karena merasa mereka terima selama bertahun-tahun, terutama dalam matematika. Penulis melakukan program bimbingan belajar matematika untuk siswa sekolah dasar melalui pengabdian masyarakat di Dusun Jamblangan Desa Margomulyo. Program bimbingan belajar matematika dari rumah ini dilakukan melalui media Video WhatsApp bagi siswa yang mengikuti program ini. Kegiatan ini dilakukan dalam empat tahap yaitu, (1) pengecekan ketuntasan belajar siswa; (2) menjelaskan materi yang ditanyakan; (3) membiarkan siswa mengerjakan tugas sesuai dengan yang telah dijelaskan; dan (4) menilai hasil belajar. Hasil bimbingan belajar matematika dari rumah yang dilaksanakan secara daring ini menjadi kegiatan tambahan belajar siswa SD untuk penguatan materi-materi belajar di sekolah. Namun, seperti diketahui bahwa kemampuan setiap siswa dalam menerima pembelajaran berbeda-beda. Oleh karena itu, diperlukan perhatian dan kesabaran khusus bagi siswa yang sulit mengikuti pelajaran di masa pandemi
References
Ansel, M. F., & Pawe, N. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 301–312. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1209
Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Leksono, I. D., Kusuma, A. T., Fernanda, R. S., & ... (2021). Program Bimbingan Belajar Di Pucang Arjo, Surabaya Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Untuk Siswa TK Hingga SD (Sekolah Dasar). Jurnal Layanan Masyarakat, 5(1). https://www.e-journal.unair.ac.id/jlm/article/view/25437
Manik, S. (2020). Upaya Meningkatkan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Pena Edukasi, 7(1), 29–34. https://doi.org/http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPE/article/view/455
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771
Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, R., & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 894–902.
Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal …. http://pemas.unisla.ac.id/index.php/JAB/article/view/7
Sao, S., Mei, A., Ningsih, N., Mei, M. F., Wondo, M. T. S., Seto, S. B., Naja, F. Y., Meke, K. D. P., & Manda, G. S. (2021). Bimbingan Belajar di Rumah Menggunakan Alat Peraga Blok Pecahan pada Masa Pandemi Covid 19. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 193–201. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i2.1031
Satgas, C. (2021). Data Terkait COVID-19 di Yogyakarta. Corona. Jogjaprov.Go.Id. https://corona.jogjaprov.go.id/data-statistik
Theresia, S., Sipayung, R., & Simarmata, E. J. (2020). Pengaruh Peran Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika Kelas VA SD Agia Sophia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 407–412. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.556
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Berdaya Mandiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.