TRAINING WRITING NONFICIAL STORIES IN STUDENTS OF THE PGSD STUDY PROGRAM WIDYA DHARMA KLATEN UNIVERSITY

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v1i1.282

Keywords:

Nonfiction Stories, News Writing, Liar News

Abstract

Students of the Widya Dharma University Primary School Teacher Education (PGSD) Study Program are expected to have insight and knowledge in nonfiction story writing. News that is part of a nonfiction story favored by elementary school children. Writing news will familiarize PGSD students in writing activities and later they also have no difficulty in doing thesis. PGSD students who take part in the training are expected to excel in student-level writing competitions. The trainees were also reminded to maintain the authenticity of the news written. News must be reported by prospective elementary school teachers so that students, families, and communities can avoid Liar News / hoaxes.

Author Biography

bayu purbha sakti, universitas widya dharma

BAYU PURBHA SAKTI

Saya adalah Bayu Purbha Sakti. Saya adalah seorang laki-laki yang unik dan teman-teman menganggap saya spesial. Saya adalah mahasiswa Pascasarjana UNY angkatan 2011. Teman- temanku di kuliah menginginkan aku untuk saling membagi waktu bersama mereka tetapi saya tidak bisa karena saya juga memiliki aktivitas yang lainnya.
TERBIASA DENGAN SEPAKBOLA SEJAK KECIL
Entah kenapa sejak kecil saya selalu saja mendapat sajian tontonan sepakbola yang kebanyakan pertandingan sepakbola manca negara. Dalam perkembangannnya, saya selalu menyukai untuk bermain sepakbola. Sejak SD sampai perguruan tinggi yang menjadi favorit dalam berolahraga adalah sepakbola. 
Dalam dunia fantasi, saya selalu berkeinginan menjadi pemain dan pelatih atau manajer sepakbola di sebuah klub yang populer. Saya sebenarnya menyukai pelajaran sekolah tetapi sejak kehadiran Playstation sejak SMP, penjahat itu telah mempengaruhi pola pikirku. Bahkan kehardiran game manajer juga menyebabkan keinginanku untuk melatih di sebuah klub terkenal.
PEKERJAAN GURU YANG MENGUBAH SEGALANYA
Sebuah keajaiban terjadi tetapi yang ke berapa ya? Lupa tuh :p. Keajaiban itu terjadi ketika aku kuliah sebagai calon mahasiswa sarjana di semester untuk mengerjakan skripsi. Aku semula hanya berniat untuk memperoleh data untuk pembahasan skripsiku tetapi pihak SD telah memintaku menjadi seorang guru.
Sungguh sebuah amanah yang sangat membanggakan bagiku apalagi dapat mencerdaskan generasi bangsa. Sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, aku mulai melihat prospek ke depan tentang apa yang ada dalam diriku.

References

Aini, N. (2018). Forum Rektor: Waktu Profesor Habis Mengajar Sarjana | Republika Online. Retrieved January 31, 2019, from https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/02/23/p4ky05382-forum-rektor-waktu-profesor-habis-mengajar-sarjana

Inung. (2019). LIPI Gelar Dua Kompetisi Ilmiah Bagi Anak Muda. Retrieved July 10, 2019, from http://lipi.go.id/lipimedia/single/LIPI-Gelar-Dua-Kompetisi-Ilmiah-Bagi-Anak-Muda/15213

Izzah, I. (2018). Pendidikan: Perpustakaan Umum Kota Malang Perbanyak Koleksi Buku Fiksi Anak-Anak | Malang TIMES. Retrieved February 1, 2019, from https://www.malangtimes.com/baca/31483/20180921/194300/perpustakaan-umum-kota-malang-perbanyak-koleksi-buku-fiksi-anakanak/

Movanita, A. (2017). Buku “Jokowi Undercover†Dicetak Sekitar 300 Eksemplar. Retrieved February 1, 2019, from https://nasional.kompas.com/read/2017/01/06/17245661/buku.jokowi.undercover.dicetak.sekitar.300.eksemplar

Pers, D. (2008). Standar Perlindungan Profesi Wartawan. Retrieved July 10, 2019, from https://www.merdeka.com/company/standar-perlindungan-profesi-wartawan.html

Sakti, B. P. (2016a). Etika Dan Profesi Guru SD Di Tengah Perkembangan Zaman. Proceeding PGSD Universitas Kuningan 2016, 1(1), 99–107. Retrieved from https://proceeding.uniku.ac.id/index.php/pgsd2016/article/view/10

Sakti, B. P. (2016b). Indikator Sekolah Dasar Ramah Anak. Prosiding Seminar Nasional PKO FKIP UTP, 163–176. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/PROPKO/article/view/596

Sakti, B. P. (2017a). Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Magistra Unwidha Klaten, 30, 1. Retrieved from http://journal.unwidha.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/1/0

Sakti, B. P. (2017b). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Widya Dharma Tentang Etika Mahasiswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 135. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1732

Sakti, B. P. (2018a). Feasibility Indicators Of Study Books Used Elementary School. SHEs: Conference Series 1, 1(Snpd), 103–111. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/23556

Sakti, B. P. (2018b). Training of Scientific Papers Writing On Students of Widya Dharma University. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.3

Sarnapi. (2018). Tak Dianggap Ilmuwan Bila Dosen Tak Menulis Buku | Pikiran Rakyat. Retrieved January 31, 2019, from https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2018/11/26/tak-dianggap-ilmuwan-bila-dosen-tak-menulis-buku-433681

Susanto, A. (2018). Saat Mahasiswa Hukum Undar Gandeng FaktualNews.co Selami Dunia Jurnalistik. Retrieved January 31, 2019, from https://faktualnews.co/2018/07/16/saat-mahasiswa-hukum-undar-gandeng-faktualnews-co-selami-dunia-jurnalistik/88803/

Taufiqqurahman, M. (2018). UP Juga Terapkan Etika Mahasiswa Kontak Dosen: Dilarang Bahasa Alay. Retrieved January 31, 2019, from https://news.detik.com/berita/d-3912183/up-juga-terapkan-etika-mahasiswa-kontak-dosen-dilarang-bahasa-alay

Downloads

Published

09-02-2019

Citation Check