PENGUATAN KARAKTER PEREMPUAN ERA MILENIAL DI KUB SENDANG REJEKI SLEMAN

Authors

  • Esti Setiawati Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Gunawan Sridiyatmiko Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Sukadari Sukadari Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Tarto Tarto Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Salamah Salamah Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v2i1.337

Keywords:

penguatan, karakter, perempuan

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi kaum perempuan yang tergabung pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sendang Rejeki dalam menghadapi tantangan di era masyarakat milenial di dusun Sribit, Sendangtirto, Berbah,  Kabupaten Sleman. Edukasi bagi kaum perempuan ini  dilaksanakan  melalui kegiatan sarasehan dengan materi pertama tentang peran  perempuan di era milenial, pemberdayaan perempuan era milenial, dan pentingnya penguatan karakter bagi kaum perempuan. Adapun metode pelaksanaannya adalah : Pertama, memberikan edukasi peran perempuan melalui ceramah, tanya jawab dan media gambar. Kedua, memberikan penguatan kemandirian  perempuan melalui ceramah interaktif, sharing dan tanya jawab. Ketiga, memberikan penguatan karakter perempuan  melalui ceramah interaktif, tanya jawab, dan diskusi  kelompok.

Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai berikut: 1) meningkatnya pemahaman peran perempuan  dalam menghadapi tantangan di era milenial, 2) meningkatnya pemahaman tentang kemandirian perempuan dalam menghadapi tantangan milenial, dan 3) meningkatnya pemahaman peran  perempuan dalam  penguatan karakter di lingkungan keluarga dan masyarakat.

 

Author Biographies

Esti Setiawati, Universitas PGRI Yogyakarta

Universitas PGRI Yogyakarta

Gunawan Sridiyatmiko, Universitas PGRI Yogyakarta

Universitas PGRI Yogyakarta

Sukadari Sukadari, Universitas PGRI Yogyakarta

Universitas PGRI Yogyakarta

Tarto Tarto, Universitas PGRI Yogyakarta

Universitas PGRI Yogyakarta

Salamah Salamah, Universitas PGRI Yogyakarta

Universitas PGRI Yogyakarta

References

https://maunur1201110010.wordpress.com/artikel/pengertian-pola-asuh-menurut-para-ahli-definisi-contoh-macam-2/ (diakses tanggal 11 Februari, pkl. 10.00)

http://psychology-nurhasan.blogspot.co.id/2016/12/pola-asuh-anak.html (Diambil tanggal 7 Februari 2017).

Hurlock, B. Elizabeth. (2002). Perkembangan Anak: Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Indira, S. Theresia. (2008). Pola Asuh Penuh Cinta. http://www.polaasuhpenuhcinta.com.

(diakses tanggal 6 Februari 2017, pkl. 10.00)

Jarkawi, Prasetia, Muh. Eka, & Mahfuz. (2019). Pelatihan Manajemen Mutu Layanan Bimbingan dan Konseling Berorientasi Public Trust Pada SMK di Kota Banjarmasin. Jurnal Berdaya Mandiri, Vol. 1, No. 2, Tahun 2019, Hal. 122-132.

Lestari, Pepi. (2017). Peran Perempuan di Era Kekinian. https://www.kompasiana.com. Diunduh senin, 4 Maret 2019 pukul 10.00.

Petranto, Ira. (2005). Pola Asuh Anak. http://www.polaasuhanak.com. (diakses tanggal 10 Februari 2017 pkl. 09.45)

Setiawan, B. Yustinus dan Sumarah, E. Ignatia. (2019). Pendampingan Penerapan Bimbingan Pribadi dan Bimbingan Belajar Matematika Untuk Membangun Resiliensi Siswa Kelas 6 SD Cahaya Bangsa Utama. Jurnal Berdaya Mandiri, Vol. 1, No. 2, Tahun 2019, Hal. 110-121.

Suarmini, Ni Wayan dkk. (2018) . Peluang dan Tantangan Peran Perempuan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Semateksos 3 “Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0â€. Hal. 48-53.

Suswandari. (2011). Feminisme dan Post Feminisme (Dalam Pendidikan dalam Membangun Masa Depan Bangsa). Jakarta: UHAMKA PRESS.

Taufik, M. Rina (2007). Pola Asuh Orang Tua. http://www.tabloid_nakita.com. (diakses tanggal 6 Februari 2017 pkl 09.45)

Downloads

Published

28-02-2020

Citation Check