PENGUATAN KARAKTER PEREMPUAN ERA MILENIAL DI KUB SENDANG REJEKI SLEMAN
DOI:
https://doi.org/10.31316/jbm.v2i1.337Keywords:
penguatan, karakter, perempuanAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi kaum perempuan yang tergabung pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sendang Rejeki dalam menghadapi tantangan di era masyarakat milenial di dusun Sribit, Sendangtirto, Berbah,  Kabupaten Sleman. Edukasi bagi kaum perempuan ini dilaksanakan  melalui kegiatan sarasehan dengan materi pertama tentang peran perempuan di era milenial, pemberdayaan perempuan era milenial, dan pentingnya penguatan karakter bagi kaum perempuan. Adapun metode pelaksanaannya adalah : Pertama, memberikan edukasi peran perempuan melalui ceramah, tanya jawab dan media gambar. Kedua, memberikan penguatan kemandirian perempuan melalui ceramah interaktif, sharing dan tanya jawab. Ketiga, memberikan penguatan karakter perempuan melalui ceramah interaktif, tanya jawab, dan diskusi kelompok.
Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai berikut: 1) meningkatnya pemahaman peran perempuan dalam menghadapi tantangan di era milenial, 2) meningkatnya pemahaman tentang kemandirian perempuan dalam menghadapi tantangan milenial, dan 3) meningkatnya pemahaman peran perempuan dalam penguatan karakter di lingkungan keluarga dan masyarakat.
Â
References
https://maunur1201110010.wordpress.com/artikel/pengertian-pola-asuh-menurut-para-ahli-definisi-contoh-macam-2/ (diakses tanggal 11 Februari, pkl. 10.00)
http://psychology-nurhasan.blogspot.co.id/2016/12/pola-asuh-anak.html (Diambil tanggal 7 Februari 2017).
Hurlock, B. Elizabeth. (2002). Perkembangan Anak: Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Indira, S. Theresia. (2008). Pola Asuh Penuh Cinta. http://www.polaasuhpenuhcinta.com.
(diakses tanggal 6 Februari 2017, pkl. 10.00)
Jarkawi, Prasetia, Muh. Eka, & Mahfuz. (2019). Pelatihan Manajemen Mutu Layanan Bimbingan dan Konseling Berorientasi Public Trust Pada SMK di Kota Banjarmasin. Jurnal Berdaya Mandiri, Vol. 1, No. 2, Tahun 2019, Hal. 122-132.
Lestari, Pepi. (2017). Peran Perempuan di Era Kekinian. https://www.kompasiana.com. Diunduh senin, 4 Maret 2019 pukul 10.00.
Petranto, Ira. (2005). Pola Asuh Anak. http://www.polaasuhanak.com. (diakses tanggal 10 Februari 2017 pkl. 09.45)
Setiawan, B. Yustinus dan Sumarah, E. Ignatia. (2019). Pendampingan Penerapan Bimbingan Pribadi dan Bimbingan Belajar Matematika Untuk Membangun Resiliensi Siswa Kelas 6 SD Cahaya Bangsa Utama. Jurnal Berdaya Mandiri, Vol. 1, No. 2, Tahun 2019, Hal. 110-121.
Suarmini, Ni Wayan dkk. (2018) . Peluang dan Tantangan Peran Perempuan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Semateksos 3 “Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0â€. Hal. 48-53.
Suswandari. (2011). Feminisme dan Post Feminisme (Dalam Pendidikan dalam Membangun Masa Depan Bangsa). Jakarta: UHAMKA PRESS.
Taufik, M. Rina (2007). Pola Asuh Orang Tua. http://www.tabloid_nakita.com. (diakses tanggal 6 Februari 2017 pkl 09.45)
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.