PENENTUAN LOKASI USAHA YANG STRATEGIS DAN FAST RESPONS PADA UMKM DESA SIPAYUNG KECAMATAN SUKAJAYA KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Ari Soeti yani Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v2i1.353

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk menentukan lokasi usaha yang strategis dan fast respons pada UMKM Desa Sipayung agar tepat sasaran. Adapun penentuan lokasi tersebut memiliki faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan antara lain dilihat dari lingkungan masyarakat, kedekatan dengan pasar, adanya tenaga kerja yang murah, kedekatan dengan bahan mentah, tersedianya fasilitas dan biaya transportasi serta tersedianya lahan untuk perluasan usahanya. Sedangkan kegunaan khususnya bagi masyarakat Desa Sipayung lebih memahami bagaimana caranya menentukan lokasi usaha yang strategis dan menganalisa biaya lokasi yang tepat agar diperoleh perbandingan ekonomi dan lokasi yang sesuai dengan mengidentifikasi biaya tetap dan variabelnya sehingga akan dapat ditentukan mana yang termasuk biaya yang lebih efisien dan efektif dalam penentuan lokasi usaha yang strategis untuk UMKM tersebut. Sedangkan yang dimaksud dengan fast respons disini agar masyarakat Desa Sipayung cepat tanggap dalam menghadapi permintaan pasar dan persaingan usaha. Untuk itu diperlukan tips bagi fast respons yaitu perlu adanya komunikasi yang baik, perlu informasi yang tepat, dan rasa nyaman serta berani untuk menghadapi masalah yang ada.

Kata kunci: Penentuan lokasi usaha yang strategis, Fast Respons, Komunikasi yang baik dan perluasan usaha 

Author Biography

Ari Soeti yani, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Prasetya, Hery dan Lukiastuti, Fitri, 2008, Manajemen Operasi, MedPress

Render dan Jay, Barry dan Heizer, 2015, Operation Management, Edisi 11, Pearson Education.

Downloads

Published

28-02-2020

Citation Check