PENDAMPINGAN IDENTIFIKASI MASALAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS DENGAN METODE KUMON DI SMP NEGERI 14 PEKALONGAN

Authors

  • Nur Baiti Nasution Universitas Pekalongan, Indonesia
  • Syita Fatih 'Adna Universitas Pekalongan, Indonesia
  • Dwi Agustina Universitas Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v1i2.357

Keywords:

Kumon, Matematika, Bahasa Inggris

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan bagi guru SMP Negeri 14 Pekalongan untuk mengidentifikasi masalah siswa dalam pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris menggunakan Metode Kumon. Adapun pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan inti pengabdian ini adalah dengan memfasilitasi pelaksanaan tes Kumon Matematika dan Bahasa Inggris untuk semua siswa. Materi yang diujikan adalah operasi aritmatika dasar (Matematika) dan pronoun/to be (Bahasa Inggris). Hasil pekerjaan siswa kemudian dianalisis berdasarkan kecepatan siswa dalam mendapatkan nilai 100. Hasil analisis kemudian dilaporkan ke forum guru sebagai bahan diskusi kegiatan lanjutan.

References

Kholik, N. (2017). Peranan Sekolah Sebagai Lembaga Pengembangan Pendidikan Multikultural. Jurnal Tawadhu Voume 1 No 2, 244-271.

Lahmi, A. (2016). Peranan Sekolah Dalam Pendidikan Islam. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam Volume 1 No 2, 121-138.

Mardhiana, E. S. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Kumon Di Bimbingan Belajar Kumon Cokrobaskoro Tipes Surakarta . Surakarta: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Oakley, B. A., Burt, W., & Lawrence, D. (2003). Using the Kumon Method to Revitalize Mathematics in an Inner-Urban School District. Dipetik Agustus 10, 2018, dari Researchgate: https://www.researchgate.net/publication/255630405_Using_the_Kumon_Method_to_Revitalize_Mathematics_in_an_Inner-Urban_School_District

Downloads

Published

20-08-2019

Citation Check