PELATIHAN JARIMATIKA UNTUK GURU DAN SISWA SD N DONOTIRTO KASIHAN BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.31316/jbm.v2i1.397Keywords:
training, jarimatika, teachers and studentsAbstract
Tujuan pengabdian ini adalah untuk: 1) memberi pengetahuan dasar tentang operasi hitung Matematika dalam menyelesaikan perkalian dengan jari-jari. 2) menghasilkan modul yang baik kepada para peserta siswa agar siswa memperoleh nilai yang maksimal dalam mengerjakan soal matematika. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, praktek, tanya jawab, diskusi dan latihan dengan menggunakan modul jarimatika yang telah disiapkan. Pelatihan jarimatika dengan  sistem  kelas  dengan  menggunakan modul dan latihan. Pembinaan dan pelatihan yang diberikan adalah progam pengembangan diri mata pelajaran matematika pada materi operasi hitung perkalian. Pelatihan Jarimatika ini bertempat di SD N Donotirto Kasihan Bantul dengan jumlah peserta sebanyak 24 orang siswa dan Guru. Hasil dari pengabdian ini adalah: 1) Memberikan materi dan latihan operasi hitung perkalian matematika dengan metode jarimatika kepada Guru dan Siswa. 2) Melalui modul jarimatika dapat memberikan pengetahuan, pemahaman yang benar pada guru dan siswa. Dampak dari kegiatan ini adalah guru dan siswa dapat memahami materi operasi hitung perkalian matematika secara benar, dan memiliki motivasi tinggi untuk mewujudkan nilai matematika yg bagus. Kemampuan Guru untuk memotivasi seluruh siswanya agar terhindar dari kegagalan dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian.
References
Jana, P. (2018). Penguatan Kemampuan Matematika Dasar Siswa SMA Melalui Kegiatan Matrikulasi. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–4. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31100/matappa.v1i1.80
Jana, P., & Rahmawan, A. D. (2019). PENDAMPINGAN PERSIAPAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Jurnal Berdaya Mandiri. https://doi.org/10.31316/jbm.v1i1.298
Pamungkas, B., & Jana, P. (2018). Workshop Penanganan Siswa Kesulitan Belajar Menghitung (Dyskalkulia) Pada Mata Pelajaran Matematika. JAIM, 1(2), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30737/jaim.v1i2.151
Walle, J. A. Van de. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.