PENINGKATAN STRATEGI PENJUALAN PUPUK KOMPOS PADA BSM SUBUR DI DESA TAMBAK REJA KAB. CILACAP

Authors

  • Muhammad Yusuf Politeknik Negeri Cilacap, Indonesia
  • Arif Ainur Rafiq Politeknik Negeri Cilacap, Indonesia
  • Vicky Prasetya Politeknik Negeri Cilacap, Indonesia
  • Supriyono Supriyono Politeknik Negeri Cilacap, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v1i2.470

Keywords:

sampah, desain produk, Kabupaten Cilacap

Abstract

Permasalahan yang banyak ditemui dalam mayarakat perkotaan adalah masalah sampah, dengan banyaknya jumlah penduduk pada masyarakat perkotaan setiap hari pasti menghasilkan sampah baik organik maupun non organik. Salah satu usaha yang ada di desa Tambak Reja adalah Bank Sampah Mandiri (BSM) SUBUR. Dimana unit usaha utama dari BSM SUBUR adalah pengolahan limbah/sampah menjadi pupuk organik. Kendala yang dihadapi pada unit usaha yang sedang dijalankannya saat ini. Beberapa diantaranya yaitu proses pengemasan produk pupuk organik masih belum menarik. Desain kemasan produk yang menarik dan mampu memberikan informasi produk yang dipasarkan. Desain kemasan produk sebelum dilakukan branding dan setelah diredesain. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa produk-produk BSM Subur sudah mulai dikenal oleh masyarakat di luar kabupaten Cilacap

References

Assauri, Sofjan (2008) Proses Produksi dan Operasi. Jakarta: LPFEUI.

Badan Pusat Statistik (2017) Kecamatan Maos dalam Angka 2017. Cilacap :BPS Cilacap.

Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2015 tentang Desa.

Syarief R dkk (1989) Teknologi pengemasan makanan. Bogor: IPB.

Magdalena H dan Ellyani W (2017) “Strategi Memanfaatkan E-Commerce Dalam

Memasarkan Makanan Khas Bangka (Studi Kasus : Aneka Citra Snack)†Cogito Smart

Journal/VOL. 3/NO. 2/DEC 2017

Helmalia Dan Afrinawati (2018), “Pengaruh e-Commerce terhadap Peningkatan

Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang†JEBI(Jurnal

Ekonomi dan Bisnis Islam)-Volume 3, Nomor 2,Juli–Desember 2018

Pitriyani, Kasmi (2017), “Pengembangan Aplikasi E-Commerce Sebagai Media

Pemasaran Produk Umkm Di Kabupaten Pringsewu†Jurusan Sistem Informasi,

STMIK Pringsewu Lampung

Julisar dan Miranda Eka (2013), “Pemakaian E-Commerce Untuk Usaha Kecil Dan

Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing†ComTech Vol.4 No. 2 Desember 2013:

-645

Ni Luh Desi dan Diana Sari (2013), “Elemen Visual Kemasan Sebagai Strategi Komunikasi

Produk†Jurnal Komunikasi PROFETIK, Vol. 6, No. 1, April 2013

Downloads

Published

20-08-2019

Citation Check