PEMBUATAN RANCANG BANGUN PENERIMAAN SISWA BARU SEBAGAI SARANA PENINGKATAN LAYANAN PADA TK LIYA CIPUNEGARA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31316/jbm.v5i2.4794Abstract
Pendidikan adalah aspek pokok dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan dimulai dari usia sedini mungkin agar nantinya generasi mendatang siap dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan berdaya saing tinggi. Taman Kanak - Kanak (TK) Liya adalah salah satu instansi pendidikan yang turut serta dalam memberikan layanan pendidikan dan berfokus pada pendidikan anak usia dini. Rentang usia peserta didik TK diharapkan mampu memenuhi kriteria dalam kompetensi memasuki Sekolah Dasar (SD). Dalam layanan ke masyarakat informasi terkait TK Liya sering mengalami kesulitan dalam memberikan informasi yang terbaru pada masyarakat terkait penerimaan siswa didik baru. Informasi tersebut berupa informasi kegiatan sekolah, informasi pendaftaran, informasi kurikulum dan informasi biaya pendidikan. Dari permasalahan tersebut, pembuatan rancang bangun penerimaan siswa baru bagi sekolah diharapkan menjadi solusi permasalahan untuk membantu proses pendaftaran siswa baru. Website tersebut dapat memberikan layanan secara cepat dan akurat dengan langkah yang sederhana dalam pendaftaran siswa baru. Metode yang digunakan dalam abdimas ini adalah interview dengan pengguna terkait di lokasi abdimas yaitu TK Liya selama kurun waktu tertentu dan pada akhir abdimas ada pelatihan penggunaan website bangun penerimaan siswa baru bagi pengguna. Dengan adanya website ini, diharapkan dapat meningkatan kualitas layanan pada TK Liya untuk dapat menghadirkan informasi yang akurat bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, dapat menjadi sarana promosi terkait TK Liya dan disisi lain dapat meningkatkan pendapatan sekolah terkait.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.