PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SDN TAMANSARI I YOGYAKARTA MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS
DOI:
https://doi.org/10.31316/jbm.v2i1.519Keywords:
penelitian tindakan kelas, profesionalisme, guruAbstract
Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru – guru di SDN Tamansari I Yogyakarta dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan ini dilakksanakan pada bulan April sampai Juni 2019.
 Kegiatan ini dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan pelaporan. Tahap persiapan meliputi observasi, pembuatan proposal, mengurus perijinan dan mempersiapkan materi pelatihan. Pelaksanaan kegiatan meliputi kegiatan pelatihan penyusunan proposal, pendampingan pelaksanaan penelitian, pelatihan penyusunan laporan dan pendampingan penyusunan laporan. Pada tahap evaluasi, kegiatan yang telah dilaksanakan di evaluasi melalui wawancara dan jumlah laporan penlitian yang telah dibuat oleh guru. Pada tahap laporan, tim pengabdi menyusun laporan akhir kegiatan yang telah dilaksanakan.
Pelatihan penulisan proposal dihadiri oleh 14 orang guru dari jumlah total guru 18 orang. 4 orang guru berhasil melaksanakan Penelitisn Tindakan Kelas sesuai dengan proposal yang telah dirancang saat pelatihan. Namun baru satu orang guru yang berhasil menyelesaikan penulisan laporannya.
References
Desilawati, A. (2014). Guru Profesional Di Era Global. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(September).
Dhofir, M. (2018). Karakter Guru Profesional. TARBAWI. Jurnal Studi Pendidikan Islami, 05(01).
Dini Siswani Mulia, S. (2016). PTK(Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SD Negeri Kalisube banyumas. Khazanah Pendidikan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2).
Edi Prayitno, S. W. D. (2010). Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pembelajaran Matematika Di SD. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika. PPPPTK Matematika.
Ni’mah, Z. A. (2017). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guru Antara Cita Dan Fakta. REALITA. Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 15(2), 1–22.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.