PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SDN TAMANSARI I YOGYAKARTA MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Authors

  • Siska Candra Ningsih Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Titis Sunanti Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Padrul Jana Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-3665-2150
  • Gunawan Gunawan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Christina Eva Nuryani Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Abdul Aziz Saefudin Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v2i1.519

Keywords:

penelitian tindakan kelas, profesionalisme, guru

Abstract

Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru – guru di SDN Tamansari I Yogyakarta dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan ini dilakksanakan pada bulan April sampai Juni 2019.

 Kegiatan ini dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan pelaporan. Tahap persiapan meliputi observasi, pembuatan proposal, mengurus perijinan dan mempersiapkan materi pelatihan. Pelaksanaan kegiatan meliputi kegiatan pelatihan penyusunan proposal, pendampingan pelaksanaan penelitian, pelatihan penyusunan laporan dan pendampingan penyusunan laporan. Pada tahap evaluasi, kegiatan yang telah dilaksanakan di evaluasi melalui wawancara dan jumlah laporan penlitian yang telah dibuat oleh guru. Pada tahap laporan, tim pengabdi menyusun laporan akhir kegiatan yang telah dilaksanakan.

Pelatihan penulisan proposal dihadiri oleh 14 orang guru dari jumlah total guru 18 orang. 4 orang guru berhasil melaksanakan Penelitisn Tindakan Kelas sesuai dengan proposal yang telah dirancang saat pelatihan. Namun baru satu orang guru yang berhasil menyelesaikan penulisan laporannya.

Author Biography

Padrul Jana, Universitas PGRI Yogyakarta

Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

References

Desilawati, A. (2014). Guru Profesional Di Era Global. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(September).

Dhofir, M. (2018). Karakter Guru Profesional. TARBAWI. Jurnal Studi Pendidikan Islami, 05(01).

Dini Siswani Mulia, S. (2016). PTK(Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SD Negeri Kalisube banyumas. Khazanah Pendidikan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2).

Edi Prayitno, S. W. D. (2010). Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pembelajaran Matematika Di SD. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika. PPPPTK Matematika.

Ni’mah, Z. A. (2017). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guru Antara Cita Dan Fakta. REALITA. Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 15(2), 1–22.

Downloads

Published

28-02-2020

Citation Check