Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Nama JurnalJurnal Kewarganegaraan
InisialJK
Terbit2 kali dalam setahun (Juni dan Desember)
P-ISSN1978-0184
E-ISSN2723-2328
PenerbitProgram Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Editor-in-ChiefT Heru Nurgiansah, M.Pd

 

Jurnal Kewarganegaraan terbit 2 kali dalam 1 tahun pada bulan Juni dan Desember. Ruang Lingkup artikel mencakup :

  1. Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan
  2. Penddikan Karakter dan Pendidikan Antikorupsi
  3. Pendidikan Multikultural
  4. Pendidikan Politik dan Pendidikan Hukum
  5. Belajar dan Pembelajaran
  6. Kurikulum PPKN dan Penelitian Tindakan Kelas
  7. Media dan Model Pembelajaran

 

Kebijakan Bagian

Articles

Coba

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

PEER REVIEW PROCESS

Jurnal Kewarganegaraan diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Kewarganegaraan mempublikasikan artikel penelitian dan kajian ilmiah tentang ilmu kewarganegaraan. Setiap artikel yang diterbitkan telah melalui proses tinjauan sejawat (peer-review) dari para pakar yang telah ditunjuk. Mereka adalah berpengalaman dalam manajemen jurnal dan publikasi artikel
bergengsi di dalam dan luar negeri. Untuk memastikan hal-hal ini, kami menerapkan tinjauan double-blind, yang berarti bahwa identitas pengulas dan penulis saling bersembunyi selama proses review. Kemudian para pakar membuat keputusan berdasarkan rekomendasi dari beberapa kemungkinan: ditolak, memerlukan revisi besar, perlu revisi kecil, atau diterima. Secara terperinci, proses editorial kami adalah sebagai berikut:

  1. Initial screening. Semua pengajuan awalnya disaring oleh Pemimpin Editor untuk disesuaikan dengan ruang lingkup dan persyaratan pengajuan artikel kepada Jurnal Kewarganegaraan dan untuk diperiksa kemungkinan plagiarisme. Manuskrip yang gagal mematuhi standar etika kami segera ditolak, demikian juga manuskrip yang tidak sesuai dengan ruang lingkup jurnal.
  2. Reviewer assignment.Naskah yang lolos penyaringan awal kemudian diserahkan kepada editor.Kemudian akan dipilih setidaknya dua reviewer yang relevan untuk setiap artikel dan dilanjutkan proses tinjauan sejawat(peer-review).
  3. Peer-review. Selama tahap ini, reviewer akan menilai isi naskah dan memberikan rekomendasi mereka kepada Pemimpin Redaksi. Ulasan dilakukan selama 4-8 minggu.
  4. First decision. Setelah kedua (atau lebih)reviewertelah mengirimkan rekomendasi berupa naskah ditolak, diminta untuk direvisi (kecil atau besar), atau diterima apa adanya. Jika diterima, naskah dikembalikan ke penulis untuk direvisi. Keputusan akhir untuk menerima naskah dibuat oleh Pemimpin Redaksi berdasarkan rekomendasi dari editor dan setelah disetujui oleh dewan editorial.
  5. Revision. Naskah yang membutuhkan revisi dikembalikan ke penulis dan diberikan waktu hingga empat minggu untuk merevisi naskah. Setelah revisi diajukan, sekali lagi dinilai oleh editor untuk menentukan apakah perubahannya memadai dan sesuai, serta apakah penulis cukup menanggapi komentar dan saran reviewer. Jika revisi dianggap tidak memadai, langkah ini diulangi (manuskrip dikembalikan ke penulis sekali lagi untuk revisi lebih lanjut).
  6. Final decision. Naskah yang direvisi diterima atau ditolak, tergantung pada apakah editor dan pemimpin redaksi telah menemukan naskah tersebut telah ditingkatkan ketingkat yang layak untuk diterbitkan. Jika penulis tidak dapat membuat perubahan yang diperlukan atau di bawah standar jurnal ini, naskah ditolak.
  7. Language editing. Setelah naskah diterima, naskah dikembalikan ke penulis yang menyerahkan untuk pengeditan akhir bahasa dan isinya; ini adalah perubahan yang meningkatkan keterbacaan artikel tanpa mengubah substansi konten. Jurnal ini mengharuskan penulis untuk mengembalikan naskah dengan bukti bahwa perubahan telah dibuat, yang akan ditinjau kembali oleh dewan editorial sebelum akhirnya naskah publikasi.
  8. Typesetting. Naskah kemudian disesuaikan dengan template. Versi final artikel, akan muncul pada jurnal Kewarganegaraan ini, dikembalikan ke penulis yang menyerahkan untuk persetujuan akhir publikasi.
  9. Publication. Selamat! Artikel yang diterbitkan akan muncul dalam edisi terbaru Jurnal Kewarganegaraan.