Kuliah Sambil Wirausaha, Mengapa Tidak? Studi Kasus Motivasi Mahasiswa yang Berwirausaha di Prodi Manajemen, Universitas Islam Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31316/ubmj.v1i1.2251Abstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memahami kerangka motivasi yangmendorong mahasiswa menjadi wirausahawan muda
Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
pendekatan studi kasus.
Temuan: Penelitian ini menunjukkan tiga motivasi yang mendominasi dari
masing-masing wirausaha seperti cita-cita sebagai wirausaha, inspirasi dari
keluarga, dan alasan finansial. Terdapat pula motivasi pendukung seperti
melihat peluang bisnis, tidak suka dikendalikan orang lain, dan memperluas
relasi.
Orisinalitas: Penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor pendorong para
mahasiswa yang berwirausaha
Keterbatasan Penelitian: Penelitian ini hanya berfokus pada analisis motivasi
mahasiswa yang berwirausaha.
References
Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Imam, N. (1994). Motivasi dan Kepribadian 1. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.
Kadarisman. (2012). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Lia, E. (2013). Jumlah Pengusaha di Indonesia hanya 1,25%. Diakses dari http://ekbis.sindonews.com/read/2013/09/19/34/785269/jumlah-pengusaha-diindonesia-hanya-1-25.
Ma’ruf, H. (2013). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Dimensi Sikap Wirausaha (Studi Kasus pada Mahasiwa Ekonomi Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2012/2013. Tesis Magister. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Paramitha, A. (2010). Motivasi Ibu Rumah Tangga dalam Berwirausaha (Studi Kasus Wirausaha Handicraft Yogyakarta). Skripsi Sarjana. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (tidak dipublikasi).
Primartantyo, U. (2011). Indonesia Butuh 4,1 Juta Wirausaha Baru. Diakses dari http://www.tempo.co/read/news/2011/12/14/089371713/Indonesia-Butuh-41-Juta-Wirausaha-Baru.
Purnomo, H. (2014). Negara dengan Penduduk Terbanyak, RI Masuk 4 Besar. Diakses dari http://finance.detik.com/read/2014/03/06/134053/2517461/4/negara-dengan-pendu duk-terbanyak-di-dunia-ri-masuk-4-besar.
Rahayuningsih, E. (2012). Peningkatan Motivasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Wirausaha Berbasispada Pendekatan Cultural Fit (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam STAIN Kudus). Semarang: Eco-Entrepreneurship Seminar & Call of Paper “Improving Performance by Improving Environment†2012 Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Ratnasari, Evi., Hakim, Abdul & Hayat, Ainul. (2013). Implementasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Dalam Mewujudkan Mahasiswa Enterpreneur (Studi Pada Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1 (6).
Rivai, V. & Sagala, E. J. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rusdiana, A. (2014). Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sihombing, S. O. (2010). Understanding Motivations of Female Students to Become Entrepreneurs: A Qualitative Approach. Jakarta: International Seminar & Conference Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
Siswanto; Armanu; Setiawan, M. & Nimran, U. (2013). Entrepreneurial Motivation in Pondok Pesantren Malang: Department of Management, Faculty of Economics & Business, Brawijaya University, East Jawa, Indonesia. International Journal of Business and Behavioral Sciences, 3(2).
Sugiyono. (2012). Metopel Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana, C. (2010). Data dan Jenis Data Penelitian. Diakses dari http://csuryana.wordpress.com/ 2010/03/25/data-dan-jenis- data-penelitian/.