Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal di Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31316/ubmj.v2i1.3126Abstract
Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan antara label halal, norma subjektif, dan keputusan pembelian secara langsung maupun melalui niat beli dan kepercayaan konsumen sebagai mediator.
Metodologi: Penelitian dikakukan pada konsumen produk makanan halal di Kota Semarang dengan 196 sampel dan analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis SPSS AMOS 21.
Temuan: Hasil penelitian menunjukkan norma subjektif berpengaruh pada keputusan pembelian, namun label halal tidak berpengaruh pada keputusan pembelian. Kepercayaan konsumen dapat memediasi hubungan antara label halal, norma subjektif dan keputusan pembelian. Niat beli berhasil memediasi hubungan antara norma subjektif, kepercayaan konsumen, dan keputusan pembelian, namun tidak bisa memediasi label halal dan keputusan pembelian.
Orisinalitas: Penelitian ini menawarkan model yang menyeluruh dengan menambahkan variabel label halal dan kepercayaan konsumen sebagai variabel independen.
Keterbatasan Penelitian: Penelitian ini hanya dilakukan pada konsumen satu perusahaan manufaktur saja. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah menguji model penelitian ini pada industri kecil menengah maupun pada industri lain seperti obat dan kosmetik untuk menggeneralisasi hasil penelitian.
Implikasi Praktis: Penelitian ini memberikan masukan bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas kehalalan produk dan menjalin hubungan baik dengan konsumen. Perusahaan harus memberikan pelayanan terbaik terkait akses informasi mengenai kehalalan, manfaat, dan jaminan keamanannya agar kepercayaan konsumen terhadap perusahaan semakin tinggi.
References
Afrianti, S.R. 2014. Pengaruh Citra dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah melalui Kepuasan Nasabah. Management Analysis Journal. Hal 1-13.
Ajzen, I. 2006. Behavioral Interventions Based on The Theory of Planned Behavior. Hal 1-6.
Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Academic Press. Inc. Hal 179-211.
Ajzen, I. dan Fishbein, M. (2005). The Influence of Attitudes on Behavior. The handbook of attitudes. Hal 173-221. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Alam, S.S. dan Sayuti, N.M., 2011. Applying The Theory of Planned Behavior (TPB) in Halal Food Purchasing. International Journal of Commerce and Management. Volume 21 No. 1. 8-20.
Ali, M.Y. 2013. Halal Branding: A Study of Muslim Consumers Perspective. Prosiding disajikan dalam Global Islamic Marketing Conference 2. Abu Dhabi (UAE), 28-29 Januari 2012 Hal 1-6.
Astrila, G. dan Putranto, A., 2014. Pengaruh Tingkat Pengetahuan Tentang Pesan Halal Terhadap Tingkat Kepercayaan pada Produk Kosmetik. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.
Barnes, James G. (2003). Secrets Of Customer Relationship Management. Yogyakarta: ANDI.
Fatkhurohmah. 2015. Pengaruh Pemahaman Label Halal dan Faktor Sosial terhadap Niat Membeli Produk Makanan Kemasan Berlabel Halal. Skripsi. Yogjakarta: Fakultas Ekonomi UNY.
Ferdinand, A. 2011. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: FEB Undip.
H., Eri A. dan Sujana. 2013. Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. Volume 1 No. 2. Hal 169-178.
Hartono, A. dan Wahyono. 2015. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal. Hal 153-162.
Haque, A. dkk. Non-Muslim Consumers’ Perception towards Purchasing Halal Food Products in Malaysia. Journal of Islamic Marketing. Volume 6 Hal 133-147.
Khalek, A.A., Ismail, S.H.S. dan Ibrahim, H.M. 2015. A Study on the Influencing Young Muslims’ Behavioral Intention in Consuming Halal Food in Malaysia. Shariah Journal. Volume 23 No.1. Hal 79-102.
Kim, D.J., Ferrin, D.L. dan Rao, H.R. 2008. A Trust Based Consumer Decision Making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Risk and Their Abtecendents. Journal Decision Support System. No. 44. Hal 544-564.
Kotler, P. dan Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Lestari, P. dan Wartini S. 2015. Pengaruh Technical Sales Skill dan Non-Technical Sales Skill terhadap Kinerja Tenaga Penjualan melalui Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal. Hal 58-64.
Lu, B., Fan W., dan Zhou M. 2015. Social Presence, Trust and Social Commerce Purchase Intention: An Empirical Research. Computers in Human Behavior. Hal 225-237.
Mada, Y.P. 2005. Analisis Pengaruh Sikap terhadap Perilaku, Norma Subyektif dan Kontrol Kepemilikan yang Dirasakan terhadap Niat dan Perilaku Konsumen. Jurnal Infestasi. No. 1. Hal 79-88.
Mohamed, Z.A. dkk. 2008. Halal Logo and Consumers’ Confidence : What Are The Tmportant Factors?. Economic and Technology Management Review. Volume 3 Hal 37-46.
Murwatiningsih dan Apriliani, E.P. 2013. Pengaruh Risiko dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen. Jurnal Dinamika Manajemen. Volume 4 No. 2 Hal 184-191.
Nulufi, K. dan Murwatiningsih. 2015. Minat Beli sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pekalongan. Management Analysis Journal, Hal 129-141.
Omar, K.M. dkk. 2012. The Direct Effects of Halal Product Actual Purchase Antecendents among the International Muslim Consumers. Americen Journal of Economics. Hal 87-92.
Putra, A.H. 2014. Analisis Pengaruh Brand Liking, Subjective Norm, Attitude towards Brand Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Berlabel Halal di Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Undip.
Rochmanto, B.A. 2014. Pengaruh Pengetahuan Produk dan Norma Religius Terhadap Sikap Konsumen Dalam Niat Mengkonsumsi Produk Makanan dan Minuman Halal (Studi Kasus di Kota Semarang). Skripsi. Semarang: UNDIP.
Said, M. dkk. 2014. Assessing Consumers Perception, Knowledge and Religiosty on Malaysia’s Halal Food Products. Procedia-Social and Behavioral Sciences. Volume 130 Hal 120-128.
Salehudin, I. dan Luthfi, B.A. 2011. Marketing Impact of Halal Labeling toward Indonesian Muslim Consumer’s Behavioral Intention Based on Ajzen Planned Behavior Theory: Policy Capturing Studies on Five Different Product Categories. ASEAN Marketing Journal. Volume 3 No. 1. Hal 35-44.
Schiffman, L.G. dan Kanuk, L.L. 2007. Perilaku Konsumen. Terjemahan Zoelkifli Kasip. Jakarta: PT. Indeks.
Schiffman, L.G. dan Kanuk, L.L. 2000. Consumer Behaviour. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Schoorman F.D., Davis, J.H. dan Mayer, R.C. 2007. An Integrative Model of Organizational Trust: Past, Present and Future. The Academy of Management Review. Volume 32 No. 2. Hal 344-354.
Sudin, L., Tanakijal, G.H. dan Amin, H. 2009. Predicting Intention to Choose Halal Products Using Theory of Reasoned Action. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management. Hal 66-76.
Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharno. 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sukesti, F. dan Budiman, M. 2014. The Influence Halal Label ang Personal Religiousty on Purchase. International Journal of Business, Economics and Law. Volume 4 No. 1. Hal 150-153.
Thomson Reuters. 2015. State of the Global Islamic 2015/2016.
Tunisah dan Maftuhah, I. 2015. The Effects of Service Quality, Customer Satisfaction, Trust and Perceived Value towards Customer Loyalty. Jurnal Dinamika Manajemen. Hal 55-61.
Wulandari, S.A., Ketut, R. dan Yasa, N.K. 2015. The Role of Customer Attitude in Mediating Knowledge Influence towards the Purchase Intention of Green Product. Jurnal Dinamika Manajemen. Hal 133-144.