Faktor-Faktor yang Berpengaruh Pada Keputusan Penggunaan e-wallet dalam Transaksi Pembayaran (Studi di Pasar Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta)
DOI:
https://doi.org/10.31316/ubmj.v2i2.5075Keywords:
Literasi keuangan, persepsi kemanfaatan, kemudahan, keamanan, keputusan menggunakan e-walletAbstract
Tujuan: untuk menguji arah dan pengaruh literasi keuangan, persepsi kemanfaatan, kemudahan serta keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet dalam transaksi pembayaran.
Metodologi: sampel dalam penelitian ini adalah konsumen pasar tradisional di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang sudah menggunakan e-wallet shopeepay untuk transaksi pembayaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan data primer. Instrumen pengukuran dan penilaian variabel menggunakan lima skala likert sebagai suatu ukuran penilaian responden atas pertanyaan yang diajukan. Teknik analisis data melalui tahapan uji kualitas data yaitu; uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis linier berganda. Untuk memenuhi kualifikasi pengujian hipotesis (parsial dan simultan) dengan analisis linier berganda maka tahapan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas perlu dilakukan.
Temuan: hasil uji statistik yang digunakan menunjukkan hasil bahwa literasi keuangan, persepsi kemanfaatan, kemudahan serta keamanan berpengaruh positif (baik secara parsial maupun simultan) terhadap keputusan penggunaan e-wallet dalam transaksi pembayaran.
Orisinalitas: pengujian dilakukan pada segmen konsumen UMKM pasar tradisional yang berada di wilayah DIY.
Keterbatasan penelitian: tidak melakukan wawancara dengan responden sehingga terdapat kemungkinan responden tidak memahami pertanyaan dalam instrumen dengan baik
Implikasi praktis: pemerintah perlu membuat kebijakan untuk mendorong transaksi non-cash terutama bagi masyarakat biasa
Kata kunci: literasi keuangan, persepsi kemanfaatan, kemudahan, keamanan, keputusan menggunakan e-wallet
References
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Aksami, N. M. D., & Jember, I. M. (2019). Analisis minat penggunaan layanan e-money pada masyarakat kota Denpasar. E-Jurnal EP Unud, 8(9), 2439–2470.
Al-ma, M., & Shatat, A. (2011). Empirical study in the security of electronic payment systems. International Journal of Computer Science Issues, 8(4), 393–401.
Andriyanto, Y. (2014). Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kebermanfaatan, Persepsi risiko dan kepercayaan terhadap minat menggunakan Rekening ponsel (studi kasus pada nasabah cimb niaga Daerah Istimewa Yogyakarta). Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, 564, 1–73.
Apriliana, R. marisa. (2020). Peran Literasi Keuangan Terhadap Minat Menggunakan Go-Pay : Perspektif Ekonomi Islam Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia.
Ariffin, S. K., Abd Rahman, M. F. R., Muhammad, A. M., & Zhang, Q. (2021). Understanding the consumer’s intention to use the e-wallet services. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 25(3). https://doi.org/10.1108/SJME-07-2021-0138
Awalina, M. (2019). Pengaruh persepsi kemanfaatan, kemudahan dan literasi keuangan terhadap minat penggunaan uang elektronik berbasis server di kalangan mahasiswa dalam perspektif islam. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 2–71.
Bank Indonesia. (2019). Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 - Menavigasi Sistem Pembayaran Nasional di Era Digital. Bank Indonesia.
BPS. (2019). Sebaran pasar dan pusat perdagangan menurut klasifikasi 2019. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indicator/173/1875/1/sebaran-pasar-dan-pusat-perdagangan-menurut-klasifikasi.html
Elsa Silaen, B. P. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan E-Wallet Dan Persepsi Manfaat Serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Saldo E-Wallet Ovo. Ilmu Administrasi Bisnis, Vol 8 N0 4, 1–9.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program ibm spss 23 (edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ismanto, H. (2019). Perbankan dan Literasi Keuangan (Pertama). CV Budi Utama.
Jogiyanto H.M. (2010). Sistem teknologi keperilakuan. Andi Offset.
Latief, F., Dirwan, & Idris, M. (2021). Determinan Minat Penggunaan E-Wallet Shopeepay. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 157–166.
Morris, M., & Venkatesh, V. (2000). Why don’t men ever stop to ask for directions ? Gender , social influence , and their role in technology acceptance and usage behavior. MIS Quarterly, 1203000668.
Pavlou, P. A. (2001). Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust and Risk with the Technology Acceptance Model. International Journal of Electronic Commerce, Vol. 7 No., 101–134.
Pradnyanawati, N. K. Y., & Westra, I. K. (2019). Penerapan transaksi non tunai di pasar Badung dalam mendukung tata kelola pasar modern. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, 7(10), 1–14.
Prasanti, E. (2021). Pengaruh pendapatan, manfaat, kemudahan penggunaan, daya tarik promosi, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan layanan e-money. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Ramadhan, A. F., Prasetyo, A. B., & Irviana, L. (2016). Persepsi mahasiswa dalam menggunakan e-money. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13, 1–15.
Sari, M. A., Listiawati, R., Novitasari, N., & Vidyasari, R. (2020). Analisa pengaruh daya tarik promosi, persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi keamanan terhadap minat penggunaan e-wallet. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 126–134. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2493
Sasmita, M. H. H., & Afrianto, I. (2019). Purwarupa sistem transaksi non tunai di pasar tradisional berbasis e-wallet dan QR-code. Elibrary Unikom, 1(1).
Susilo, Wahyu Tri, maya ariyanti dan sumrahadi. (2017). Pengaruh daya tarik promosi, persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, dan harga terhadap minat beli e-toll card mandiri. 4(1), 25–31.
Utami, S. S. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan e-money (studi pada mahasiswa Stie Ahmad Dahlan Jakarta). Balance, XIV(2), 29–41.
Waspada, I. (2012). Percepatan adopsi sistem transaksi teknologi informasi untuk meningkatkan aksesibilitas layanan jasa perbankan. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 16(1), 122–131.
Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, fitur layanan, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan e-money card (studi pada pengguna jasa commuterline di Jakarta). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440–456. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.06
Widiyanti, W. (2020). Pengaruh kemanfaatan, kemudahan penggunaan dan promosi terhadap keputusan penggunaan e-wallet ovo di Depok. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 54–68. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7567
Wildan, M. (2019). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, efektivitas dan risiko terhadap minat bertransaksi menggunakan financial technology (fintech). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.