Pengaruh Getok Tular, Promosi, Biaya, dan Lokasi Terhadap Keputusan Kuliah di Universitas PGRI Yogyakarta

Authors

  • Awang Herjuna Program Studi Manajemen, Universitas PGRI Yogyakarta
  • anindita imam basri Program Studi Manajemen, Universitas PGRI Yogyakarta
  • Arista Natia Afriany Program Studi Manajemen, Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/ubmj.v4i1.6481

Keywords:

Getok Tular, Promosi, Biaya, Lokasi, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh getok tular, promosi, biaya, dan lokasi berpengaruh pada keputusan mahasiswa memilih universitas PGRI Yogyakarta.

Metodologi: Jenis penelitian yang diguanakan pada penlitian ini adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan program aplikasi SPSS 16. 0

Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa Getok tular, promosi, biaya, dan lokasi memiliki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Universitas PGRI Yogyakarta.

Orisinalitas: Penelitian ini berkontribusi untuk menambah studi literatur mengenai keputusan memilih dengan mengambil subjek Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta.

References

Aprianto, Ronal. 2016. Pengaruh Brand Image dan Getok tular Communication Terhadap Keputusan Pembelian Kompor Gas Rinnai Pada Konsumen Kelurahan Cereme Taba Kota Lubuk Linggau. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. Vol 16, 72-87.

Armstrong dan Kotler. 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi kesembilan. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Desy, E. (2016). Pengaruh Brand Image, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Pancabudi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi). Jurnal Ilmiah “DUNIA ILMU,” Vol.2 No.1(1).

Erdawati. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih STIE Pasaman Simpang Empat. In E-Jurnal 2337-3997.

Erdawati. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih STIE Pasaman Simpang Empat. In E-Jurnal 2337-3997.

Fahriansyah, & Zubir, E. (2015). Analisis Pengaruh biaya dan Lokasi Terhadap keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Terbuka ( Studi Pada mahasiswa UPBJJ-UT Pontianak ). 5, 32–50.

Firmansyah. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta. Deepublish.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP

Hariadi, Doni. 2013. Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projector Microvision. Jurnal Ilmu dan Reset Manajemen. Vol.1 No.1.

Hawkins, et al. (2007). Consumer Behavior, 10th Edition. Mc Graw Hill Australia.

Hidaya, A.D.S., dan Lubis, D.S.W (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Studi Manajemen. Vol 1.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane (2011). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Jakarta: PT. Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane (2016). Marketing Manajemen. 15 Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Terjemahan oleh Bob Sabran. PT. Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemesaran Jasa: Teori dan Praktek, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat

Purwantoro, & Afrizal, A. (2018). Penerapan Rasch Model Dalam Mengukur Sikap Konsumen Dan Getok tular Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Cano Ekonomos, 7(2).

Suryani, A.N. (2018). Pengaruh Brand Image dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Manajemen di STIE Rahmaniyah Sekayu (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan Tahun 2013/2014). Jurnal Manajemen Kompeten. Vol 1. No.1.

Swastha, Basu & Irawan. 2005 Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Cv. Andi.

Triyaningsih, S. L., & Triastity, R. (2016). Pengaruh Citra Perguruan Tinggi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Surakarta). Media Konservasi, 2(1), 11–40.

Downloads

Published

2025-01-21