Faktor Minat Beli Ulang Feysen Lokal Erigo di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31316/ubmj.v4i1.7466Keywords:
Persepsi Harga, Kualitas Produk, Celebrity Endorsement, Minat Beli UlangAbstract
Tujuan: Fesyen lokal Erigo mulai mengalami peningkatan penjualan atas adanya strategi pemasaran dengan menggunakan celebrity endorsement dan artis menjadi sebagian dari salah salah satu media promosi, serta adanya inkonsistensi hasil penelitian sebelumnya sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan celebrity endorsement terhadap minat beli ulang Fesyen lokal Erigo.
Metodologi: Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS for windows 24,0 dengan teknik analisis linear berganda pada taraf signifikansi a = 0,05.
Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara persial persepsi harga, kualitas produk dan celebrity endorsement berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Besarnya pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan celebrity endorsement ditunjukkan oleh nilai Adjusted R Square sebesar 59,3%.
Orisinalitas: Penelitian ini memberikan pendalaman lebih terkait variable-variabel yang digunakan dalam melihat konteks fenomena meningkatnya merek Erigo dalam industry feysen lokal di Indonesia dimana terdapat hasil penelitian sebelumnya yang inkonsisten.
Keterbatasan Penelitian: Penelitian ini hanya berfokus pada satu merek feysen local Erigo serta mendalami minat beli ulang dan variabel-variabel seperti persepsi harga, kualitas produk, celebrity endorsement. Saran pada penelitian ini yaitu peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat beli ulang selain persepsi harga, kualitas produk dan celebrity endorsement.
Implikasi Praktis: Hasil penelitian ini memberikan implikasi pada merek Erigo dalam meningkatkan lebih luas dalam pengembangan mereknya dengan berfokus pada pengembangan persepsi harga, kualitas produk dan celebrity endorsement.
References
Ahdiat, A. (2022). Daftar Media Sosial dengan Jangkauan Iklan Tertinggi di Dunia. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/daftar-mediasosial- dengan-jangkauan-iklan-tertinggi-di-dunia.
Alma.B. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arman Hakim Nasution,dkk. (2019). Manajemen Pemasaran Untuk Enginering. Yogyakarta: Andi Offset.
Chou, S., & Chen, C. W. (2018). The influences of relational benefits on repurchase intention in service contexts: the roles of gratitude, trust and commitment. Journal of Business and Industrial Marketing, 33(5), 680–692. https://doi.org/10.1108/JBIM-08-2017-0187.
Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Gultom Novianti Br et.al. (2022). Teori Pemasaran: Pendekatan Manajemen Bisnis. Bandung, CV. Media Sains Indonesia.
Holmes, M. (2019). Marketing Mix: Product, Price, Distribution America: Prentice Hall Jersey University Press.
Hurriyati, R. (2020). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2019. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Erlangga. Jakarta.
Lupiyoadi, R. (2019). Manajemen Pemasaran jasa. Edisi Pertama. Jakarta: SalembaEmpat.
Musfar, Tengku F. (2021). Manajemen Produk Dan Merek. Bandung: Media Sains Indonesia.
Nur Amalia, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Pada Iklan Produk Wardah (Studi Kasus Pada Konsumen Wardah Di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang), Jurnal Administrasi Bisnis, J/AGABI ISSN: 230-7150 Vol.8, No. 2, Malang, 2019.
Nurnajmi dan Salsa. (2022). Fashion sebagai Bentuk Ekspresi Diri dalam Komunikasi, The Messenger jurnal 3, no.1 (2011): hal 36-47.
Oemi. (2020). Measuring Customer Satisfaction; Survey Design, Use and Statistical Analysis Methods.USA: ASQ Quality Press, Wisconsin.
Romindo, dkk. (2019). E-commerce: Implementasi, Strategi Dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Saraswati dan Rachmawati. (2018). Hubungan soft skills dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Psikovidya , 2 (1), 67-95.
Sinurat, E. S. M., Lumanauw, B., & Roring, F. (2019). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2230–2239. https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16522.
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suliyanto (2018) Metode Penelitian Bisnis Untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Tirtomulyo, A. (2020). Peningkatan Kepuasan Pelanggan dalam Tinjauan Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Rajawali Press.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.
Tonce, Yosef & Rangga, Yoseph DP. (2022). Minat Dan Keputusan Pembelian: Tinjauan Melalui Persepsi Harga & Kualitas Produk (Konsep Dan Studi Kasus). Indramayu: Penerbit Adad.
Vahdat, A. et al. (2020) ‘acceptance model , social factors and purchase intention’, Australasian Marketing Journal (AMJ), pp. 1–10. doi: 10.1016/j.ausmj.2020.01.002.