Penggunaan Media Pembelajaran Busy Book Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Hiperaktif Usia 5-6 Tahun di Kober Sabina

Authors

  • Sumardi Sumardi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sima Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nunung Nurdiana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3515

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Busy Book dalam meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak hiperaktif usia 5-6 Tahun di Kober Sabina. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Single Subject Research dan memiliki desain penelitian A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang berinisial Y yang mengalami kesulitan dalam meningkatkan motorik halusnya. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran bussy book. Media bussy book merupakan media yang dapat digunakan untuk meningkatkan motorik halus karena berisi kegiatan seperti mengancing baju, meretsleting, melipat kain, menempel bentuk geometri, dan membuat rantai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan perkembangan motorik halus anak hiperaktif dibuktikan dengan hasil penelitian sebanak 13 sesi. Fase baseline 1 (A-1) memperoleh rata-rata skor 48,6%, fase intervensi (B) rata-rata skor 67,2%, dan pada fase baseline-2 (A-2) rata-rata skor 90,1%. Data yang diperoleh pada fase tersebut memiliki kestabilan yang tinggi yakni 100%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media busy book dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak hiperaktif.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Busy Book, Perkembangan Motorik, Anak Hiperaktif

 

Abstract

This study aims to determine the use of Busy Book learning media in improving fine motor development in hyperactive children aged 5-6 years in Kober Sabina. The research method used in this study is a quantitative research method with a Single Subject Research approach and has an A-B-A research design. The subjects in this study were students with the initials Y who had difficulty in improving their fine motor skills. The media used in this study is a bussy book learning media. Busy book media is a medium that can be used to improve fine motor skills because it contains activities such as buttoning clothes, zippers, folding fabrics, sticking geometric shapes, and making chains. The results of this study indicate that an increase in the fine motor development of hyperactive children is evidenced by the results of a study of 13 sessions. The baseline phase 1 (A-1) obtained an average score of 48.6%, the intervention phase (B) an average score of 67.2%, and in the baseline-2 phase (A-2) the average score was 90.1 %. The data obtained in this phase has a high stability of 100%, so it can be concluded that busy book media can improve the fine motor development of hyperactive children.

Keywords: Busy Book Learning Media, Motor Development, Hyperactive Children.

References

DAFTAR PUSTAKA

Afandi, A. 2019. Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Anggraeni, dkk. 2020. Perkembangan Motorik AUD. Jakarta: Guepedia

Ahmad, S. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Arikunto,S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Endang Sukamti. 2007. Perkembangan motorik. 2007. Yogyakarta Hal 72

Firdaus, dkk. 2021. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Busy Book 3D. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksa. 9 (1) hlm 54-55

Guslinda&Rita.2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya:CV Jakad Pulishing Surabaya

Khadijah&Nurul.2020.Perkembangan Fisik Motorik. Jakarta: Kencana

Linda.2001.Tingkah Laku Abnormal dari sudut pandang perkembangan. Jakarta: Grasido

Mesganti. 2015. Psikologi Perkembangan Anak Usia din. Medan: Perdana Publishing.

Paujiah. 2019.Stimulasi Motorik Halus Pada Kegiatan Menggunting Kelompok A di PAUD Jannatul Athfal Samarinda. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan Borneo. 1 (1) hlm 2-3

Puspitasari, B. 2019. Gambaran Perkembangan Motorik Halus Anak Pada Usia 3-5 Tahun di Posyandu. Jurnal Kebidanan. 8 (2) hlm 111

Samsudin. Pembelajaran di taman kanak kanak, Jakarta prenada media. 2008. Hal 11

Sujiono, dkk. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta, Universitas terbuka

Suryana, D. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana

Sumantri, Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini, (Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti, 2005)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: Indeks.

Suwatra, dkk. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok A Taman Kanak Kanak. Jurnal Mimbar Ilmu. 24 (2) hlm.188189

Talor E. 1998. Anak ang Hiperaktif. Jakarta: Gramedia

Downloads

Published

2022-08-01