APLIKASI QUIZIZZ PENGGERAK MOTIVASI DAN KOMPETISI SISWA KELAS VIII SMP UNTUK MERAIH KKM PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Siti Sri Jayati SMP 1 Kasihan Bantul

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v8i2.4627

Keywords:

Quizziz, Motivation; Competition

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan aplikasi Quizizz untuk mencapai motivasi dan kompetisi yang tinggi para siswa SMP Kelas VIII untuk meraih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Kasihan dengan subjek penelitian sejumlah 30 siswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan analisis dokumen. Analisis dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengerjaan soal-soal dengan aplikasi Quizizz diperoleh data rerata jawaban benar untuk Tahap I Quiz Teks Ulasan Awal mencapai 78%; untuk Tahap II Quiz Teks Ulasan Lanjut nencapai 88,67%; untuk Tahap III Quiz Ulasan Akhir mencapai 93,33%. Rerata ketiga tahap tersebut adalah 86,67%. Dengan demikian, angka tersebut telah mencapai bahkan melebihi KKM Bahasa Indonesia 75. Rerata skor pada tiga tahap menunjukkan bahwa pada Quiz Ulasan Awal 3.233,00; Quiz Ulasan Lanjut 3.831,00; Quiz Ulasan Akhir mencapai 4.379,67. Skor menunjukkan angka semakin meningkat. Berdasarkan data tanggapan para siswa melalui WA dan Google Form tanggapan termotivasi dan sangat termotivasi mencapai 93,33%; dan jiwa berkompetisi tinggi dan sangat tinggi mencapai 70,00%. Selain itu, para siswa memiliki rasa senang, ingin mengerjakan soal-soal dengan quiz lagi, menyetujui jika aplikasi Quizizz disarankan diterapkan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia pada waktu selanjutnya.

Author Biography

Siti Sri Jayati, SMP 1 Kasihan Bantul

Guru Bahasa Indonesia SMP 1 Kasihan

References

Aini, Yulia Isratul. 2019. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu”. Jurnal Kependidikan Vol. 2, No. 25. Diunduh dari http://jurnal.umb.ac.id › kependidikan › article › view.

Arwansyah, Y. B., Putri, N. Q. H., Hidayat, R., Khotimah, K., & Suwandi, S. (2022). Evaluasi Pemanfaatan Aplikasi Game dalam Ujian Bahasa Indonesia (Studi Kasus di SMAN 1 Polanharjo Klaten). Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(3), 653-664.

Arwansyah, Y. B., Setiawan, K. E. P., & Yuda, R. K. (2022). ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 1 POLANHARJO KLATEN. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 25-33.

Arwansyah, Y. B., Widyaningsih, N., & Daniswari, H. P. (2019, November). The use of Edmodo-based E-learning media in improved reading interest with whole language approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1254, No. 1, p. 012065). IOP Publishing.

Faisal, Andi. 2022. “Pembelajaran Abad 21”. Diunduh dari https://www.smkn4bone.sch.id/read/4/pembelajaran-abad-21.

Hatika, Tika. 2010. Pembelajaran dan Penilaian Bahasa Indonesia. PT Lauser Cita Pustaka

Hermawan, Hendri. 2006. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV Citra Praya

Hopkin, David. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Edisi ke-4. Achmad Fawaid. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih, E dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Moeliono, Anton M. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosyada, Dede. 2021. “Kompetensi 4 C untuk Manusia Indonesia Masa Kini”.

Diunduh dari https://www.kemenkopmk.go.id/kompetensi-4c-untuk-manusia-indonesia-masa-kini

Salsabila, Unik Hanifah dkk. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran di tengah Pandemi pada Siswa SMA”. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. P-ISSN: 2580-2240 Volume 4 Nomor 2. Diunduh dari https://online-journal.unja.ac.id › article ›

Setiawan, K. E. P., Arwansyah, Y. B., & Sumarlam, S. (2022). Analisis Wacana Kritis Berita Daerah Ngawi dalam Media Daring radarmadiun. co. id Edisi Oktober 2021. Jurnal Sastra Indonesia, 11(2), 92-99.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung: Refika Aditama

Ulhusna, Mishbah. (2021). “Sosialisasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital pada Masa Pandemi” diunduh dari http://openjournal.unpam.ac.id › article › view

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utama, W. W. I., Arwansyah, Y. B., & Wibowo, B. A. (2022). Nilai Filosofis Sestradi Puro Pakualaman Yogyakarta Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4820-4830.

Published

2022-11-22

How to Cite

Jayati, S. S. (2022). APLIKASI QUIZIZZ PENGGERAK MOTIVASI DAN KOMPETISI SISWA KELAS VIII SMP UNTUK MERAIH KKM PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Skripta, 8(2), 19–35. https://doi.org/10.31316/skripta.v8i2.4627