APLIKASI QUIZIZZ PENGGERAK MOTIVASI DAN KOMPETISI SISWA KELAS VIII SMP UNTUK MERAIH KKM PELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v8i2.4627Keywords:
Quizziz, Motivation; CompetitionAbstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan aplikasi Quizizz untuk mencapai motivasi dan kompetisi yang tinggi para siswa SMP Kelas VIII untuk meraih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Kasihan dengan subjek penelitian sejumlah 30 siswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan analisis dokumen. Analisis dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengerjaan soal-soal dengan aplikasi Quizizz diperoleh data rerata jawaban benar untuk Tahap I Quiz Teks Ulasan Awal mencapai 78%; untuk Tahap II Quiz Teks Ulasan Lanjut nencapai 88,67%; untuk Tahap III Quiz Ulasan Akhir mencapai 93,33%. Rerata ketiga tahap tersebut adalah 86,67%. Dengan demikian, angka tersebut telah mencapai bahkan melebihi KKM Bahasa Indonesia 75. Rerata skor pada tiga tahap menunjukkan bahwa pada Quiz Ulasan Awal 3.233,00; Quiz Ulasan Lanjut 3.831,00; Quiz Ulasan Akhir mencapai 4.379,67. Skor menunjukkan angka semakin meningkat. Berdasarkan data tanggapan para siswa melalui WA dan Google Form tanggapan termotivasi dan sangat termotivasi mencapai 93,33%; dan jiwa berkompetisi tinggi dan sangat tinggi mencapai 70,00%. Selain itu, para siswa memiliki rasa senang, ingin mengerjakan soal-soal dengan quiz lagi, menyetujui jika aplikasi Quizizz disarankan diterapkan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia pada waktu selanjutnya.
References
Aini, Yulia Isratul. 2019. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu”. Jurnal Kependidikan Vol. 2, No. 25. Diunduh dari http://jurnal.umb.ac.id › kependidikan › article › view.
Arwansyah, Y. B., Putri, N. Q. H., Hidayat, R., Khotimah, K., & Suwandi, S. (2022). Evaluasi Pemanfaatan Aplikasi Game dalam Ujian Bahasa Indonesia (Studi Kasus di SMAN 1 Polanharjo Klaten). Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(3), 653-664.
Arwansyah, Y. B., Setiawan, K. E. P., & Yuda, R. K. (2022). ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 1 POLANHARJO KLATEN. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 25-33.
Arwansyah, Y. B., Widyaningsih, N., & Daniswari, H. P. (2019, November). The use of Edmodo-based E-learning media in improved reading interest with whole language approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1254, No. 1, p. 012065). IOP Publishing.
Faisal, Andi. 2022. “Pembelajaran Abad 21”. Diunduh dari https://www.smkn4bone.sch.id/read/4/pembelajaran-abad-21.
Hatika, Tika. 2010. Pembelajaran dan Penilaian Bahasa Indonesia. PT Lauser Cita Pustaka
Hermawan, Hendri. 2006. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV Citra Praya
Hopkin, David. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Edisi ke-4. Achmad Fawaid. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kosasih, E dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Moeliono, Anton M. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rosyada, Dede. 2021. “Kompetensi 4 C untuk Manusia Indonesia Masa Kini”.
Diunduh dari https://www.kemenkopmk.go.id/kompetensi-4c-untuk-manusia-indonesia-masa-kini
Salsabila, Unik Hanifah dkk. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran di tengah Pandemi pada Siswa SMA”. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. P-ISSN: 2580-2240 Volume 4 Nomor 2. Diunduh dari https://online-journal.unja.ac.id › article ›
Setiawan, K. E. P., Arwansyah, Y. B., & Sumarlam, S. (2022). Analisis Wacana Kritis Berita Daerah Ngawi dalam Media Daring radarmadiun. co. id Edisi Oktober 2021. Jurnal Sastra Indonesia, 11(2), 92-99.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung: Refika Aditama
Ulhusna, Mishbah. (2021). “Sosialisasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital pada Masa Pandemi” diunduh dari http://openjournal.unpam.ac.id › article › view
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Utama, W. W. I., Arwansyah, Y. B., & Wibowo, B. A. (2022). Nilai Filosofis Sestradi Puro Pakualaman Yogyakarta Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4820-4830.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Skripta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.