PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BONEKA EDUKATIF UNTUK PENGENALAN PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA 4-5 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.31316/jcc.v1i2.1276Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Boneka Edukatif untuk pengenalan Pendidikan Seks Anak Usia 4-5 Tahun. Untuk mengetahui keefektifan pengembangan pendidikan seks anak usia 4-5 tahun. Responden dalam penelitian ini adalah anak kelas A di TK PGRI Tunas Harapan Ciawigebang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development (R&D). Kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi keseluruhan aspek mendapat total nilai 21,00 dan mempunyai nilai rata-rata 3,00 sehingga masuk pada kategori “cukupâ€. Sementara kelayakan berdasarkan penilaian Ahli Media keseluruhan aspek mendapat total nilai 41,00 dan mempunyai rata-rata 2,73 sehingga masuk pada kategori “Cukupâ€. Dari hasil Independent Samples Test pada bagian “Equal Variances assumed†diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,09 > 0,05, dapat disimpulkan dari hasil Uji hipotesis Pre test dan Post Test menunjukkan hasil bahwa pengembangan media boneka edukatif untuk pengenalan pendidikan seks anak usia 4-5 tahun berhasil dikembangkan.Â
References
Hainstock, Elizabeth. 1999. Metode Pengajaran Montessori untuk Anak PraSekolah.Jakarta: Pustaka Delapratasa.
Handayani, Alva dan Aam Amiruddin. 2008. Anak Anda Bertanya Seks? :Langkah Mudah Menjawab Pertanyaan Anak tentang Seks. Bandung:Khazanah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. PeraturanMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Kemendikbud.
Nawita, Muslik. 2013. Bunda, Seks itu Apa? : Bagaimana Menjelaskan Seks padaAnak. Bandung: Yrama Widya.
Nugraha, Boyke Dian dan Sonia Wibisono. 2016. Adik Bayi Datang dari Mana? : A-Z Pendidikan Seks Usia Dini. Jakarta : Noura Books.
Prof.Dr.Sugiyono.2015.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta.
Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Joko Widiyanto, 2010. SPSS for Window untuk Analisis Data Statistik dan penelitian. Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS.
Risa Fitri Ratnasari,M.Alias (2016). Jurnal Tarbawi Khatulistiwa, Vol 02 Halaman 55-58, “Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini.“
Finkelhor,David (2009). Jurnal The Future of children, Vol 19 Halaman 71-78, “The Prevention of ChildhoodSexual Abuse.â€
Sri Wahyuning Astuti (2017). Jurnal Pendidikan Anak, Vol 03 Halaman 236-251,
â€Pendidikan Seks pada Anak Taman Kanak-kanak Melalui Metode Permainan Ular Tangga.â€
Juliete Pepita Felicia, Weny Savitry S. Pandia(2017). Jurnal Pendidikan Anak, Vol 06 Halaman 71-80, “Persepsi Guru TKI Terhadap Pendidikan Seksual Anak Usia Dini Berdasarkan Health-Believe Modelâ€.
Sugiasih,Inhastuti (2017). Jurnal Pendidikan Anak, Vol 06 Halaman 71-81, “Need Assesment Mengenai Pemberian Pendidikan Seksual Yang Dilakukan Ibu untuk Anak Usia 3-5 Tahunâ€.