PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN LITERASI BERBANTUAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA
DOI:
https://doi.org/10.31316/jcc.v1i2.1376Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian kemampuan literasi anak kelompok B yang distimulasi menggunakan teknologi multimedia dalam kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Unit analisis utama adalah guru, kepala sekolah dan seksi kurikulum, serta pembelajaran literasi anak kelompok B dengan menggunakan teknologi multimedia dalam kurikulum 2013. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan kajian dokumen. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kemampuan literasi anak yang ditsimulasi menggunakan teknologi multimedia dilakukan dengan teknik pengamatan, hasil karya penugasan, dan catatan anekdot, prosedur yang dilakukan antara lain: pencatatan perkembangan anak, perangkuman catatan, dan pendeskripsian dalam bentuk kalimat singkat yang meliputi kompetensi dalam kurikulum 2013
References
French, G. (2013). Early Literacy and Numeracy Matters. Journal of early childhood studies,(7).
Haryati, M. (2009). Model & Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada
Khikmah, N. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia dalam Pembelajaran Literasi. Jurnal Golden Age. Volume 3 No 1 Tahun 2019.
Kusaeri & Suprananto, (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Menteri .(2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Menteri .(2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press
Morisson, G. S. 2012. Dasar-dasar PAUD. (Terjemahan Suci Romadhona & Apri Widiastuti). Upper Saddle River: Pearson Education, Inc.
Snow, C.S. (2008). What counts as Literacy in Early Childhood? Hand book of Early Childhood Development. Singapore: C.O.S Printers
Trehearne, P. (2011). Learning to Write and Loving It!. USA: Library of Congress Cataloguing-in-Publication Data
Weigel, D. J., Martin, S. S., & Bennett, K. K. (2010) Pathways to literacy: connections between family assets and preschool children’s emergent literacy skills. Journal of Early Childhood Research, 8, 5-22.
Wortham, S. C., (2005). Assesment in Early Childhood Education (Fourth Edition). Colombus, Ohio: Merrill, an imprint of Prentice Hall.