PENILAIAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI UMUR 5-6 TAHUN PADA MASA NEW NORMAL DI TAMAN KANAK-KANAK RIDHOTULLAH PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31316/jcc.v2i1.1663Abstract
Pada masa new normal seperti sekarang ini proses penilaian yang dilakukan guru berbeda dengan masa sebelum pandemi, sehingga berdampak pada stimulasi perkembangan bahasa anak. Permasalahan dalam penilaian perkembangan bahasa anak pada masa new normal yaitu guru memberikan kesempatan kepada orang tua untuk membimbing anak melakukan kegiatan pembelajaran dirumah masing-masing, melalui kegiatan yang telah dirancang guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses penilaian perkembangan bahasa anak usia dini 5-6 tahun pada masa new normal di taman kanak-kanak ridhotullah padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan tujuan untuk mengungkapkan proses penilaian perkembangan bahasa anak usia dini umur 5-6 tahun pada masa new normal di Taman Kanak-Kanak Ridhotullah Padang. Penelitian dilaksanakan di pada bulan maret 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisi data penelitian ini yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan berupa teknik tringulasi. Hasil dari penelitian ini secara umum pada masa new normal kegiatan penilaian yang dilakukan guru untuk menilai perkembangan bahasa anak di Taman Kanak-Kanak Ridhotullah guru telah melakukan rancangan penilaian sesuai dengan tema dan sub tema pembelajaran yang akan dilakukan. Kegiatan penilaian dilakukan guru sesuai dengan teknik penilaian dengan cara guru melakukan penilaian catatan anekdot, penilaian hasil karya, penilaian harian, penilaian bulanan, dan penilaian semester
References
Ahmadi, Rulam. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Amalia, L., Aminah, S., & Basuki, A. (2011). Penilaian Kemampuan Berbahasa Pada Anak Taman Kanak-Kanak Perwari Kota Bandung Usia 4-6 Tahun Dengan Metode Verbal Fluency Test Dan Token Test. Neurona 29(1).
Firdaus, Muthiara dan Muryanti, Elise. (2020).Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol, 4(2), 1216-1227.
Firmansyah, Y., & Kardina, F. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah dan Peserta Didik. BUANA ILMU, 4(2), 99-112.
Hastuti, E. W., & Kusumaningtyas, L. E. (2018). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Pesan Berantai. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 2(2), 91-97.
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya penilaian pendidikan karakter anak usia dini. Proceedings of the ICECRS, 1(3).
Kusuma, Tesya Cahyani. (2012). Gambaran Tentang Peranan Kegiatan Bernyanyi dalam Pegembangan Bahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Budi Mulia. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 1(2).
Lestari, P., & Susari, H. D. (2016). Pengembangan Berbahasa pada Anak Usia 4–5 Tahun Melalui Metode Bermain Kartu Huruf di TK PSM 2 Kawedanan Magetan TahunPelajaran 2014/2015. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(2), 34-50.
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225-232.
Mahyuddin, Nenny & Yanti, Sri. (2018). Kinerja mengajar guru pendidikan anak usia dinidan latar belakang pendidikan. Early Childhood Educarion Journal of Indonesia 1 (2).
Mustakim, U. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit: Effectiveness Of Discrete Mathematics Learning In New Normal Era On Student’s Learning Achievement.Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(1), 41-45.
Ningsih, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4).
Novianti, R., Puspitasari, E., & Chairilsyah, D. (2013). Pemetaan kemampuan guru PAUD dalam melaksanakan asesmen perkembangan anak usia dini di Kota Pekanbaru. Sorot, 8(1), 95-104.
Nurhayati, A. (2016). Prinsip dan Tujuan Penilaian Tindakan Kelas. Inspiratif Pendidikan, 5(1), 1-15.
Pudjaningsih, Wiwik. (2013). Metode Pengembangan Bahasa: Penerapannya Pada Pembelajaran Berbasis Tema Dan Sentra Di Taman Kanak-Kanak.Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1).
Purwasih, W. (2018). Teknik Penilaian Unjuk Kerja dan Catatan Anekdot sebagai Upaya Pemantauan Perkembangan Anak di PAUD Aisyiyah Cabang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah. Jurnal Warna Vol, 2(2) e-ISSN: 2550-0058 p-ISNN: 2615-1642.
Rahman, S. A. (2020). Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar Di Masa New Normal.JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN, 6(3), 480-487.
Rahmawati, M. (2019). Penerapan Prinsip-prinsip Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK An-Nur II Maguwoharjo. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (Vol. 4, pp. 559-566).
Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900-912.
Shaleh, Muh dan Anhusadar La Ode. (2021). Kesiapan Lembaga Paud Dalam Pembelajaran Tatap Muka New Normal. Jurnal Obsesi, 5(1), 2158-2167.
Sit, M., & Assingkily, M. S. (2020). Persepsi Guru tentang Social Distancing pada Pendidikan AUD Era New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1009-1023.
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265-273.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi(Mixed Methods). Bandung: ALFABETA.
Wahyuni, A. (2019). Implementasi Teknik Penilaian pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Baciro Yogyakarta. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (Vol. 4, pp. 543-550).
Widyastuti, Ana. (2018). Analisis Upaya Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Assaadah Limo Depok. Jurnal care 6 (1), 10-17.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga PAUD di Riau.JS (Jurnal Sekolah), 4(3), 205-212.
Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111