PERENCANAAN TRANSISI DARI TAMAN KANAK-KANAK KE SEKOLAH DASAR UNTUK SISWA DENGAN SPEKTRUM AUTIS DI INDONESIA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.31316/jcc.v3i1.3005Abstract
Tinjauan ini menganalisis beberapa artikel dan kajian penelitian secara sistematis yang ada terkait perencanaan transisi dari sekolah taman kanak-kanak ke sekolah dasar untuk siswa dengan spektum autis di Indonesia. Penelitian ini merupakan sebuah kajian literatur dengan metode ulasan secara naratif dan ulasan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan transisi pasca sekolah taman kanak-kanak pada siswa dengan spectrum autis menjadi salah satu tantangan utama seorang guru. Penelitian lain juga menunjukkkan bahwa karakteristik keberhasilan transisi emua menyepakati dalam melakukan perencanaan transisi untuk siswa dengan spektrum autis membutuhkan sebuah kolaboratif yang pendidik atau guru, kesiapan sebuah sekolah, orangtua dan pemangku kebijakan untuk mendapatkan hasil perubahan yang baik.