HUBUNGAN POLA ASUH PERMISIF TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK KELOMPOK B

Penulis

  • Isabella Hasiana Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31316/jcc.v2i1.1793

Abstrak

Kenyataan yang ada bahwa perilaku prososial saat ini kurang muncul pada anak, misalnya  kurang empati, kurangnya sifat jujur, rendahnya sikap tolong menolong, berbagi dan bekerja sama, suka mengganggu dan menyakiti teman. Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan prososial anak, salah satunya adalah pola asuh. Pola asuh orang tua sangat menentukan perilaku prososial anak ketika anak mulai tumbuh dan berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh permisif terhadap perilaku prososial kelompok B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasional. Dengan Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment yang mana perhitungan dibantu dengan  SPSS v.16. Hasil penelitian menunjukkan korelasi Sig. (0,000) < 0,05 dengan angka korelasi sebesar -0,690, artinya ada hubungan  antara pola asuh permisif terhadap perilaku prososial anak. Oleh sebab itu perlunya penerapan pola asuh yang tepat agar dapat mengembangkan perilaku prososial anak sejak dini

Referensi

Anwar, Sudirman. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Anak. Indragiri Journal. Vol. 1, No.2.

Gunarsa, Singgih D. 2004. Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Mussen, 2009. Perilaku Prososial Anak. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Rahayu, Sesanti., Fabiola Hendrati. 2015. Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa-Siswi SMP Bilingual. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 4, No. 03.

Rohaeti, Lilis. 2018. Wanita, Siapkah Menjadi Tiang Negara ???. yogjakarta: Deepublish

Santrock, John. W. 2012. Life Span Development. Jakarta: Erlangga.

Silalahi, Karlinawati dan Eko A. Meinarmo. 2010. Psikologi Keluarga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyanto, Wening Purbaningrum. 2015. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas V Sd Se Gugus Ii Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori. Dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group

Tridhonanto, Al dan Beranda Agency. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wina, Levia, Atti Yudiernawati, Neni Maemunah. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di TK Muslimat Ar-Rohmah Gading Kembar Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Nursing News: Vol 1, No. 1.

Yusuf, H. Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zakaria, Mia dan Dewi Arumsari. 2018. Jeli Membangun Karakter Anak. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-25

Terbitan

Bagian

Articles