KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN: STUDI DI TKK 6 PENABUR KELAPA GADING, JAKARTA UTARA

Penulis

  • Berlian Septiana Peking Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Fitria Budi Utami Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Supardi Supardi Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31316/jcc.v1i1.914

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kecerdasan intrapersonal pada anak usia 4-5 tahun di TKK 6 Penabur. Terdapat 3 (tiga) sub fokus yang dikaji, yaitu: (1) karakteristik kecerdasan intrapersonal anak usia 4-5 tahun di TKK 6 PENABUR Kelapa Gading, Jakarta Utara; (2) pembinaan kecerdasan intrapersonal yang meliputi aspek percaya diri dan kemandirian anak; (3) upaya guru dalam mengatasi kendala dalam pembinaan kecerdasan intrapersonal anak. Data penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dari 50 orang anak usia 4-5 tahun di TKK 6 PENABUR Kelapa Gading, Jakarta Utara, terdapat 3 orang anak yang memiliki karakteristik kecerdasan intrapersonal sebagai berikut: kurangnya percaya diri, anak tidak mandiri/bergantung kepada orang lain, anak tidak dapak menentukan pilihan dan tidak dapat mengungkapkan perasaan; (2) Pembinaan dilakukan melalui pembiasan dan pelibatan anak secara aktif dalam kegiatan harian program Tough Agent; (3) Upaya guru dalam mengatasi kendala dalam pembinaan kecerdasan intrapersonal anak adalah dengan adanya program parenting berkala di sekolah tersebut

Referensi

Anita, Yus.2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Ambarsari, Ema. 2014. Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembiasaan Usia 4- 5 Tahun Di Taman Kanak Kanak Mujahidin I. Pontianak: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vo. 2, No. 2 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6189

Antonius, A., Antonina, P. & Yohanes Babari. (2003). Relasi dengan Diri Sendiri.Jakarta: Gramedia.

Deborah K. Parker M.Ed. 2005. Menumbuhkan Kemandirian Dan Harga Diri Anak.Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Lwin, May.dkk, 2005. Cara Membangkitkan Berbagai Komponen Kecerdasan, Jakarta: Gramedia.

Muhartini, Heny. 2013. Pembinaan Kecerdasan Intrapersonalpada Anak Usia Dini(4-6 Tahun) Tk Lkia Ii Pontianak. Pontianak: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vo. 2, No. 2 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1084/pdf

Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ratnawilis. 2019. Buku Panduan Administrasi Kelas Bagi Guru Taman Kanak-kanak. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Risang, Melati. 2012. Kiat Sukses Menjadi Guru PAUD Yang Disukai Anak-Anak. Salatiga: Araska.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: PT Indeks.

Suryadi, 2006. Kiat JItu Mendidik Anak. Jakarta: Edsa Mahkota.

Suyadi.2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 20 TAHUN 2003TENTANGSISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional

Umar. 2019. Pengantar Profesi Keguruan. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Utami, Ade Dwi. 2012. Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Dan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach. Jakarta: Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI - Vol. 7, No.2. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/3668

Yamin, H. Martinis, dan Dr. jamilah Sabri Sanan, M.Pd.I. 2013. Panduan PAUD. Tangerang: Refrensi

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-29

Terbitan

Bagian

Articles