PARENTAL COMPETENCIES IN PROVIDING SERVICES FOR THE DEVELOPMENT OF AUTISTIC CHILDREN

Joko Yuwono, Hermawan Hermawan, Tias Martika, Arsy Anggrellanggi

Sari


Anak autis memiliki gangguan perkembangan yang sangat komplek  perilaku, interaksi sosial, komunikasi dan bahasa, bahkan gangguan perkembangan sensorik, emotional dan motorik. Kompetensi orang tua tentang pengetahuan dan keterampilan tentang anak autis dan cara penangananya sangat penting guna membantu untuk meningkatkan perkembangan anak autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatakan gambaran kompetensi pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam membantu anaknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengambilan data melalui survey dan diskusi. Hasil yang penelitian menunjukkan bahwa permasalahan orang tua dari anak autis meliputi: 1) 38% orang tua tidak mengetahui/mengenali minat dan bakat anak, 2) 57% orang tua tidak mengetahui cara/metode penanganan anaknya, 3) 34% orang tua tidak mengetahui program bagi pendidikan anak, 4) 53% orang tua tidak terlibat belajar bersama komunitas orang tua dari anak autis, 5) 65% orang tua tidak pernah mengikuti kegiatan pelatihan/seminar khusus penanganan anak autis, 6) 26% orang tua tidak melakukan konsultasi secara rutin dengan sekolah/ahli anak autis, dan 7) 34% orang tua tidak dapat mengembangkan bakat/potensi anak.

 


Kata Kunci


Kompetensi, Orang Tua, dan Anak Autis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adams, S. (2009). A Book About What Autism Can Be Like. http://b-ok.org/book/941514/6222b9%0Ahttp://www.scribd.com/doc/71603233/A-book-about-what-autism-can-be-like

Alwasilah, A.Chaedar. (2003). Pokoknya Kualitatif. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya dan Pusat Studi Sunda.

Caplan, B., Blacher, J., & Eisenhower, A. (2019). Responsive Parenting and Prospective Social Skills Development in Early School-Aged Children with Autism Spectrum Disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 49(8), 3203–3217. https://doi.org/10.1007/s10803-019-04039-4

Cervantes, P. E., Matson, J. L., Adams, H. L., & Konst, M. J. (2014). The relationship between cognitive development and conduct problems in young children with autism spectrum disorder. Research in Autism Spectrum Disorders. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2014.06.015

Cresswel, John, W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluation Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Crowell, J. A., Keluskar, J., & Gorecki, A. (2019). Parenting behavior and the development of children with autism spectrum disorder. Comprehensive Psychiatry, 90, 21–29. https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2018.11.007

Jordan, R. (2001). Autism with Severe Learning Difficulties.London: A Condor Book Son Venir Press.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindngan Anak Republik Indonesia. 2018. Hari Peduli Autisme Sedunia: Kenali Gejalanya, Pahami Keadaanya. Jakarta.

Kim, I., Dababnah, S., & Lee, J. (2019). The Influence of Race and Ethnicity on the Relationship between Family Resilience and Parenting Stress in Caregivers of Children with Autism. Journal of Autism and Developmental Disorders. https://doi.org/10.1007/s10803-019-04269-6

Kvale, S. (1996). Interviews An Introduction to Qualitative Research Interviewing. London: SAGE Publications, International and Professional Publisher.

Mohammadi, F., Rakhshan, M., Molazem, Z., & Gillespie, M. (2019). Parental competence in parents of children with autism spectrum disorder: A systematic review. Investigacion y Educacion En Enfermeria, 37(3). https://doi.org/10.17533/udea.iee.v37n3e03

Mohammadi, F., Rakhshan, M., Molazem, Z., Zareh, N., & Gillespie, M. (2020). Development of Parental Competence Scale in Parents of Children with Autism. Journal of Pediatric Nursing, 50(xxxx), e77–e84. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2019.04.006

Muslimah, Sitta R. (2009). Partisipasi Keluarga untuk Anak Autis. Jakarta: Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia MENEGPP. (Online). Tersedia di:www.menegpp.go.id

Priherdityo, Endro. 2016. Indonesia Masih 'Gelap' Tentang Autisme. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160407160237-255-122409/indonesia-masih-gelap-tentang-autisme/#:~:text=Meski%20belum%20ada%20survei%20resmi%20tentang%20jumlah%20anak,1%2C68%20per%201000%20anak%20di%20bawah%2015%20tahun.

Puspita, Dyah. (2009). Peran Keluarga Pada Penanganan Individu Autistic Spectrum Disorder.(Online). Tersedia:http://www.putrakembara.

Thomson, Charles L., Rudolph, Linda B. dan Henderson, Donna A. (2004). Counseling Children. Thomson: Brooks/Cole, United State of America.

Volkmar, Fred R., Rhea Paul, Ami Klin & Cohen, D. (2005). Handbook of Autism and Pervasive Developmental Disorder, Diagnosis, Development, Neurology and Behavior. Volume one. Canada: John Wiley & Sons, INC

Volkmar, Fred R., Rhea Paul, Ami Klin & Cohen, D. (2005). Handbook of Autism and Pervasive Developmental Disorder, Diagnosis, Development, Neurology and Behavior. Volume Two. Canada:John Wiley & Sons, INC

Yuwono, Joko (2013) Model Konseling Bagi Ibu Yang Memiliki Anak Autistik Melalui Pendekatan Kolaboratif. eprint_fieldopt_thesis_type_phd thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Yuwono, Joko. (2019). Memahami Anak Autis dalam Perperpektif Teoritik dan Empirik. Bandung: Alfabeta.

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-kompetensi/#ftoc-heading-1


Article Metrics

Sari view : 120 times
PDF - 58 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.