MANAJEMEN PENDIDIKAN KETRAMPILAN VOKASIONAL ANAK TUNAGRAHITA

Khamim Nur Mutiah

Sari


Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui manajemen pendidikan ketrampilan anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Pembina Yogyakarta, (2) untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam pelaksanaan manajemen pendidikan ketrampilan anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Pembina Yogyakarta (3) untuk mengetahui hasil dari manajemen pendidikan anak tunagrahita ringan ketrampilan  di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumen. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kurikulum, guru rombel ketrampilan, dan peserta didik. Pelaksanaan penelitian dengan memilih lokasi di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Yogyakarta dengan alamat Jl. Imogiri Timur No 224 dan waktu pelaksanaan penelitian ini adalah empat bulan 2019. Pemilihan sumber data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sumber data dilakukan dengan pertimbangan tertentu, sumber data dalam penelitian ini meliputi : kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan pengajaran, bidang kesiswaan,, sarana prasarana, koordinator bidang kepegawaian, guru rombel ketrampilan (tata busana, tata boga, tata kecantikan, batik, kriya/kayu, keramik, pertanian, TI), komite dan staff di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Untuk mendapatkan data dalam penelitian, maka peneliti menggunakan metode Wawancara, obsevasi studi dokumentasi yang dimiliki sekolah. dan gabungan keempatnya. 

 

Kata kunci: manajemen pendidikan, pendidikan ketrampilan, anak tunagrahita 


Teks Lengkap:

##PDF##

Referensi


Hadjikakou, Kika. 2008. “The Academic and Social Inclusion of Oral Deaf and Hard-of-Hearing Children in Cyprus Secondary General Education : Investigating the Perspectives of the Stakeholders The Academic and Social Inclusion of Oral Deaf and Hard-of-Hearing Children in Cyprus Se.” (905779257).

Iii, B A B, and A Pendekatan Penelitian. 1983. “Borg Dan Gall , “ Educational Research and Development ( R & D ) Is a Process Used to Develop and Validate Educational Production ". Dengan Research and Information Collecting , Planning , Develop Preliminary Form of Product , Preliminary Field Testing , .”

Kurniawati, Etik. 2018. “PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA ANAK TUNAGRAHITA DALAM PENDIDIKAN VOKASIONAL Studi Deskriptif Kualitatif Di Balai Rehabilitasi Sosial Disgranda ‘Raharjo’ Sragen.” Jurnal Penelitian 11(2): 263–80.

Mastiani, Emay, Sutaryat Trisnamansya, Iim Wasliman, and Hanafiah Hanafiah. 2021. “Manajemen Pembelajaran Keterampilan Sebagai Persiapan Pekerjaan Anak Tunagrahita Ringan Jenjang SMALB.” Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 5(1): 56–65.

Mumpuniarti. 2004. “Manajemen Pembelajaran Terpadu Bagi Kecakapan Hidup Tunagrahita.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 1(1): 21–42.

Noormiyanto, Faiz. 2020. “Jurnal Moral Kemasyarakatan Pengaruh Political Internet User Terhadap Partisipasi Politik Disabilitas.” 5(1): 10–18.

Ratnengsih, Een. 2017. “Implementasi Program Vokasional Bagi Anak Tunagrahita.” JASSI_anakku Volume 18(1): 77–83.

Rochyadi, E. 2012. “Karakteristik Dan Pendidikan Anak Tunagrahita.” Pengantar Pendidikan Luar Biasa: 1–54.

Sarimanah, iim wasliman, sima mulayadi. 2020. “MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM VOKASIONAL BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB.” 3(April): 71–80.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sukardi (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunardi (2010). Kurikulum Pendidikan Luar Biasa di Indonesia dari Masa ke Masa. Jakarta: Balitbang.

Rejokirono (2017) Model Manajemen Pembelajaran Keterampilan Vokasional (MMPKV) Untuk Menyiapkan Anak Tunagrahita Ringan Memasuki Dunia Kerja

Hendra (2017) Keterampilan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan Khusus)

Mumpuniarti. (2007). Pendekatan pembelajaran bagi anak hambatan mental. Yogyakarta: Kanwa Publiser.

Mumpuniarti. (2006). Manajemen pembinaan vokasional bagi tunagrahita di sekolah khusus tunagrahita. Jurnal Pendidikan Khusus (JPK), Vol. 2 No 2, Nopember 2006, ISSN 1858-0998.

Ishartiwi (2017) jurnal. Pembelajaran Keterampilan Untuk Pemberdayaan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus (JPK),


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.