DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU SISWA

Zulaycha Budhi Sulistyorini

Sari


ABSTRAK

Gadget digunakan para siswa bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup masa kini yang menjadi suatu keniscayaan karena sebagai sarana utama dalam kehidupan sehari-hari. Dampak dari penggunaan Gadget dapat positif sebagai sarana belajar yang efektif dan efisien tetapi juga dampak negatif menjadikan sikap apatis dengan sesama maupun lingkungan, juga berpengaruh pada perilaku serta kesehatan untuk mewujudkan Gadget, berfungsi dengan baik. Untuk kerjasama guru dengan orangtua selalu harus bersinergi untuk membentuk perilaku siswa yang baik supaya tidak berdampak dari penggunaan Gadget yang kurang tepat, mengupayakan agar siswa tidak mendewakan Gadget sebagai peran utama dalam kehidupan bagi siswa tingkat SD/MI/SDLB maupun SMP sederajat karena tingkat satuan pendidikan ini perkembangan pribadinya masih labil. Oleh karena itu dalam menggunakan Gadget harus berfungsi dengan baik dan benar.

 

Kata kunci : Gadget, perubahan perilaku, siswa


Teks Lengkap:

##PDF##

Referensi


Arif Budhi Utama, 2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol 4/No.3/ Published: 2015. Diterbitkan.

Barker Chris. 2018. Cultural Studies, Teori dan Praktik. Bantul: Kreasi Wacana.

B.F. Skinner. 2013. Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

C. Teguh Dalyono. 2010. Pengaruh Media Massa dan Pengetahuan tentang Teknologi Informasi Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Tingkat Modernitas General Muda Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Volume 8, Nomor 1, Januari – April 2010. Diterbitkan.

Deskinuskogoya. 2015. Dampak Penggunaan Handphone Pada Masyarakat (Studi kasus: Masyarakat Desa Piyungan Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua). E-Journal. Volume IV. No.4. Tahun 2015.

Gazalba. Sidi. 1973. Sistematika Filsafat 1. Jakarta: Bulan Bintang

Hardiman Budi. 2004. Filsafat Modern dari Machavelli sampai Nietzsche. Jakarta: PT. Gramedia. 2004.

Hungtington, Samuel. 2004. Benturan Antarperadaban dan Masa Depan Politik Dunia (The Clash of Civilizations and the Remaking of World Order), Penerjemah: M. Sadat Ismail. Yogyakarta: Qalani.

Hikmat Budiman. 2002. Lubang Hitam Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.

Hasan Sandi Suwardi. 2017. Pengantar Cultural Studies. Yogyakarta: Ar-Ruzz media

Hidayati, dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

https://www.google.co.id/am/m.merdeka.com/amp/peristiwa/asal-usul-gadget.html. Diakses tanggal 26 September 2018, jam 22.25 WIB.

Irawan, Jaka, dkk. 2013. Pengaruh Kegunaan Gadget Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Remaja. JurnalAn-nafs. Vol. 04. No. 01. Diakses tanggal 27 September 2018.

Liliweri Alo. 2007. Makna Budaya Dalam Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: PT. LKIS Pelangi Angkasa

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Muhlisin. 2006. Postmodernisme dan kritik ideologi ilmu pengetahuan modern. Jurnal OKARA II: Journal of Language and Literature, Vol I, No.1. Diterbitkan.

Nadhila Isna. 2013. Mempermudah Hidup Manusia dengan Teknologi Modern. Jakarta: Pemadani.

Ranjabas,Jacobus. 2015. Perubahan Sosial Teori-Teori dan Proses Perubahan Sosial serta Teori Pembangunan. Bandung: Afabeta.

Scoot John. 2012. Teori Sosial. Masalah-Masalah Pokok dalam Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soekanto Soerjono, Budi Sulistiyowati. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Suryanto. 2006. Metode Penelitian Sosial; Berbagai Alternatif Pendekatan. Bandung: Rosda Karya.

Suwarsono dan Alvin Y. So. 2006. Perubahan Sosial dan Pembangunan di Indonesia. Jakarta: LP3ES.

Saebani, Beni Ahmad. 2016. Pesfektif Perubahan Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widiawati, 1, Sugiman, H & Edy. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur. E-Journal. Diakses tanggal 27 September 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.