MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA BUSY BOOK SISWA KELAS 2 SDLB-C SLB SEKAR HANDAYANI
Abstract
ABSTRAK
Guru dapat menghadirkan beberapa alat bantu pembelajaran berupa media pembelajaran dengan berbagai bentuk.  Media busy book salah satu media pembelajaran yaitu buku kain yang terdiri dari halaman-halaman yang berisi berbagai macam kegiatan yang dikemas dalam bentuk buku. busy book merupakan alat permainan dalam bentuk buku berbahan kain flanel yang dirancang untuk mengembangkan kognitif anak. Apalagi untuk anak yang dikategorikan kedalam anak Tunagrahita yang memiliki IQ di bawah rata-rata pada umumnya. Untuk melatih kemampuan berhitung diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristiknya seperti media busy book, media ini berisi aktifitas-aktifitas sederhana seperti puzzle, maze, membuka resleting, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan media Busy Book sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berhitung bagi siwa kelas 2 sdlb-c. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.  Hasil Penelitian ini adalah Penggunaan media busy book dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 2 SDLB-C SLB Sekar Handayani Tahun Pelajaran 2020-2021â€.
Â
Kata kunci : Penelitian tindakan kelas, kemampuan berhitung, media busy book
References
Anon. 2012. “Pembelajaran Bina Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan.†Jpk: Jurnal Pendidikan Khusus 9(1).
Choi, Ikkyu, Mikyung Kim Wolf, Emilie Pooler, and Lorraine Sova. 2019. “Investigating the Benefits of Scaffolding in Assessments of Young English Learners : A Case for Scaffolded Retell Tasks Investigating the Benefits of Scaffolding in Assessments of Young English Learners : A Case for Scaffolded Retell Tasks.†Language Assessment Quarterly 16(2):161–79. doi: 10.1080/15434303.2019.1619180.
Daryanto, D. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media
Dwiyanti, L., Khan, R. I., & Kurniawati, E. (2019). Pengembangan Permainan Smart Adventure Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Berhitung Permulaan Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 59–66. https://doi.org/10.21009/jiv.1401.6
Pembelajaran Bina Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan. (2012). In Jpk: Jurnal Pendidikan Khusus (Vol. 9, Issue 1). https
Kurniawati, Etik. 2018. “PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA ANAK TUNAGRAHITA DALAM PENDIDIKAN VOKASIONAL Studi Deskriptif Kualitatif Di Balai Rehabilitasi Sosial Disgranda ‘Raharjo’ Sragen.†Jurnal Penelitian 11(2):263–80. doi: 10.21043/jupe.v11i2.3485.
Louk, Michael Johanes. H., and Pamuji Sukoco. 2016. “Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Tunagrahita Ringan.†Jurnal Keolahragaan 4(1):24. doi: 10.21831/jk.v4i1.8132.
Lela Nurlaela (2018) dalam skripsinya yang berjudul “ Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di Play Ground Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018â€.
Mastiani, Emay, Sutaryat Trisnamansya, Iim Wasliman, and Hanafiah Hanafiah. 2021. “Manajemen Pembelajaran Keterampilan Sebagai Persiapan Pekerjaan Anak Tunagrahita Ringan Jenjang SMALB.†Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 5(1):56–65. doi: 10.24036/jpkk.v5i1.570.
Mufiddah, Rochman Kholisatum, Moh. Efendi, and Sulthoni. 2019. “Program Vokasional Siswa Tunagrahita Di SMALB Malang (Studi Multi Situs Di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Malang).†Jurnal Ortopedagogia VOLUME 5(November):74–80.
Rochyadi, E. 2012. “Karakteristik Dan Pendidikan Anak Tunagrahita.†Pengantar Pendidikan Luar Biasa 1–54.
Safera, Octa, and Yarmis Hasan. 2019. “Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menanam Seledri Melalui Metode Explicit Instruction Pada Anak Tunagrahita Ringan.†E-Jupekhu 7(1):249–57.
Sasmitara, Nella Kunta. 2019. “Teknik Modelling Keterampilan Vokasional Dalam Membuat Keset Untuk Siswa Tunagrahita Ringan.†Jurnal Pendidikan Khusus 12.
Sekarwati, Dyah Ayu, and Edi Riyanto. 2013. “Permainan Maze Matching Board Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita.†Jurnal Pendidikan Khusus 3(3):1–8.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Suharsimi Arikunto dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sutjihati Somantri. 2012. Psikologi Siswa Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama
Risa Mufliharsi. 2017. Pemanfaatan Busy Book pada Anak Usia dini. Universitas Indraprasta PGRI