TRANSFORMASI SEKOLAH MENUJU SEKOLAH INKLUSI SCHOOL TRANSFORMATION TO INCLUSIVE SCHOOL
Abstract
Memperoleh pendidikan yang layak dan berkualitas merupakan hak seluruh warga negara tanpa terkecuali para Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Mereka dapat bersekolah di sekolah umum dan mendapatkan perlakuan yang sama seperti siswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang keberadaan PDBK di SMAN 1 Batang Anai dan (2) memaparkan gagasan kemungkinan transformasi SMAN 1 Batang Anai dari sekolah umum menjadi sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus (case study). Unit analisis penelitian adalah warga sekolah SMAN 1 Batang Anai yakni kepala sekolah,  para guru dan peserta didik. Data primer penelitian didapatkan melalui wawancara dan angket yang disebarkan melalui google form terhadap guru-guru lainnya. Data ini diperkuat dengan data sekunder berupa bahan bacaaan dan artikel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat PPDB di SMAN 1 Batang Anai yang belajar bersama dengan peserta didik umum di kelas yang sama. Disamping itu, hasil angket dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru menyatakan bahwa pihak sekolah mendukung keberadaan sekolah inklusi ini. Sistem pendidikan di sekolah, dukungan kepala sekolah dan guru diharapkan bisa mendukung pemenuhan kriteria sekolah dari sekolah umum menjadi sekolah inklusi. Dengan penyelenggaraan sekolah inklusi di daerah ini diharapkan banyak anak berkebutuhan khusus mendapatkan akses pendidikan yang layak.
Â
Kata Kunci: sekolah inklusi, peserta didik berkebutuhan khusus
References
Astanu, Novita Sari (2015). Implementasi Program Pendidikan Inklusif. Jurnal.fkip.unila.ac.id.JMMP.artikel.view
Foreman. (2002). Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Gunawan, Rudy. (2017). Sejarah Pendidikan Inklusif: Konsep Sekolah Ramah Anak.
Ilahi, Mohammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
InfoDATIN. (2014). Penyandang Disabilitas pada Anak. Jakarta. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI (www.depkes.go.id.download.infoDATIN_disabilitas)
Kustawan, Dedi dan Hermawan, Budi. (2013). M.Phil.SNE. Model Implementasi Pendidikan Inklusif Ramah Anak. Jakarta: Luxima.
Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael. Qualitative data Analysis. Beverly Hills. London-New Delhi: Sage Publication.
Mudjito, dkk. (2013). Pendidikan Inklusif. Jakarta: Badusose Media.
Nurjanah (2013). Sekolah inklusi sebagai perwujudan pendidikan tanpa diskriminasi di SMK Negeri 9 Surakarta (Studi Kasus). https://media.neliti.com.media.pulications.13657
PLB, Direktorat. (2004). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi: Mengenal Pendidikan Terpadu. Jakarta: Depdiknas.
Puspitawati, Poppy Dewi. (2019). Grand Design Pengembangan Pendidikan Inklusif Tingkat Nasional Tahun 2019-2024. Jakarta: Subdit Kurikulum, Kemendikbud RI.
Redaksi Kumparan. (2019). Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Memilih Sekolah Inklusi Untuk Anak. Jakarta: Kumparan. https://kumparan.com/@kumparanmom/yang-perlu-anda-perhatikan-saat-memilih-sekolah-inklusi-untuk-anak)
Wartomo. (2016). Pelaksanaan Model Pendidikan Inklusif di Sekolah Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Terbuka. wartomo@ut.ac.id