PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pembelajaran daring merupakan alternatif untuk menggantikan pembelajaran tatap muka pada masa pandemi Covid-19. Dengan dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh, peserta didik anak berkebutuhan khusus akan tetap mendapatkan pembelajaran sekaligus kesehatannya tetep terjaga dengan pantauan dari orangtua. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring menghadirkan permasalahan tersendiri bagi anak berkebutuhan khusus. Artikel ini merupakan artikelyang menggunakan metode kualitatif. Data artikel ini merupakan data yang sudah dikumpulkan dari beberapa sumber. Teknik uji validitas data penelitian ini menggunakan validasi pakar media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan pembelajaran daring anak berkebutuhan khusus di era pandemi merupakan suatu permasalahan yang kompleks, permasalahannya yaitu: 1) kurang siapnya guru dan orangtua dalam pembelajaran jarak jauh, 2) kurangnya keterampilan orangtua dalam mengakses internet, 3) munculnya rasa bosan pada anak sehingga membuat anak malas untuk melakukan pembelajaran jarak jauh.
Â
Kata  Kunci:  problematika pembelajaran,  anak  berkebutuhan  khusus, pembelajaran daring
References
Aswin Widhiyanto. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Bagi Individu
Berkebutuhan Khusus di Indonesia.
Dewi Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020).
Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1),
–48
Nurul, D. 2019. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada
Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal TATSQIF, 17, 12–13
Narullyta P. D, Nurul F, dan Solehawati R. 2020. Problematika Pembelajaran Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Inklusi Dan Cara Menanganinya. Jurnal Pendidikan Inklusi Volume 4 Nomor 1
Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., dan Ulfayati, Z.
A. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di MI / SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa). 1, 10–16.
Sindang, E. 2013. Manfaat Media Sosial dalam Ranah Pendidikan dan Pelatihan.
Pusdiklat KNPK. Jakarta.
Sugiarto, E. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis: Suara Media. CV. Solusi Distribusi.
Syarifudin, A. S. 2020. Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5, 31–34.