PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DI ERA DIGITAL (Studi Kasus Anak Usia Sekolah Dasar Pengguna Gadget di Bantul)

Penulis

  • Sarah Rahmawati Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstrak

Latar belakang penelitian ini berangkat dari perkembangan teknologi yang sangat pesat  di era digital atau revolusi 4.0 memunculkan berbagai macam jenis dan fitur teknologi baru. Gagdet dalam hal ini merupakan salah satu bentuk nyata dari kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan teknologi ternyata sangat mempengaruhi pola kehidupan manusia jika tidak dimanfaatkan dengan benar gadget dapat mengganggu kecerdasan emosional anak. Jika dibandingkan dengan anak generasi dulu dan sekarang juga berbeda, generasi dahulu mengenal bahkan memainkan permainan gobag sodor,lompat tali ,boi-boinan dan lainnya. Namun anak generasi sekarang di era digital tidak mengenalnya apalagi untuk memainkannya karena sudah asyik dengan gadgetnya. Fenomena inilah yang memprihatinkan yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitiannya di Piyungan Srimartani Piyungan Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni peneliti sendiri, interview guide dan alat dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan . Data Reduction ( Reduksi Data) , Data Display (Penyajian Data) , Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa penggunaan gadget terhadap kecerdasan emosional anak usia sekolah dasar menimbulkan dampak yang tidak diinginkan. Karena seharusnya anak usia sekolah dasar dapat memanfaatkan gadget untuk membantu kegiatan sehari-hari. Adapun dampak positif penggunaan gadget yaitu memudahkan dalam berkomunikasi, memudahkan dalam mendapatkan informasi untuk membantu dalam proses pembelajaran. Dampak negatif yang ditimbulkan diantaranya yaitu kurangnya dalam berinteraksi secara langsung, tidak stabil kecerdasan emosionalnya dan menjadi kurang peka terhadap lingkungan sekitar.

 

Kata Kunci:   Era Digital,  Anak Usia Sekolah Dasar, Kecerdasan Emosional

Referensi

Harfiyanto, D., Utomo, C. B., & Budi, T. (2015). Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget di SMA N 1 Semarang. Journal of Educational Social Studies, 4 (1). https://id.wikipedia.org/wiki/Gawai diakses pada hari jumat, 1 November 2019.

Hurlock B. Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: ERLANGGA

Lioni, Tara, 2013. Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Peserta Didik Terhadap Interaksi Sosial.

Novitasari W & Khotimah N. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 tahun. J PAUD teratai. 2016;5(3):182–6.

Novi. 2015. Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Sehari-Hari. Yogyakarta: FlashBooks.

Sari, P Tria., & Mitsalia, A Asma.(2016). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al Mukmin. Jurnal Profesi. Vol 13 Nomer 2. Maret 2016 Hal 72-78.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: ALFABETA.

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama. Wahyu Novitasari. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak. Skripsi, Universitas Negeri Surabaya.

Widiawati. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta : Universitas Budi Luhur.

Winda Gunarti, dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yahya Yudrik. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT REMAJA www.ojs.unsulbar.ac.id

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-28

Citation Check