PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK INDRIYASANA JUWANGEN

Authors

  • Cristina Tri Utami Handayani Universitas PGRI Yogyakarta
  • Titik Mulat Widyastuti Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

, Anak Usia Dini, Kemampuan Kognitif, Kartu Angka Bergambar.

Abstract

Kartu angka bergambar adalah tata cara yang cocok buat mengenalkan lambang bilangan pada anak yang terletak pada tahap praoperasional. Penerapan Media Pembelajaran Kartu Bergambar yang berisi gambar, teks, dan lambang bilangan. Rumusan permasalahan dalam penelitian adalah “Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Kartu Angka Bergambar?â€, Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui penerapan kartu angka bergambar. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru serta anak kelas B yang berusia 5-6 tahun yang berjumlah 25 anak. Langkah-langkah pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan menggunakan tata cara reduksi data, display data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data dengan tingkatkan kemampuan kognitif melalui kartu angka bergambar sebagai berikut: 1) Memilah tema yang ingin dicapai, 2) sajikan media maupun bahan ajar yang hendak di informasikan, 3) membagi anak dalam sebagian kelompok, 4) Memberikan kesempatan kepada anak buat bermain kartu angka Bergambar, 5) Mengulangi materi dari kegiatan pembelajaran kartu angka bergambar, 6) Melaksanakan Evaluasi terhadap kegiatan perkembangan kemampuan kognitif melalui Pembelajaran Kartu angka Bergambar.

References

Arikunto, Suharsimi. (2002).Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.

------------------------- (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.

Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Destiani, S. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Untuk

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di TK Citra Darma Lampung Barat (Doctoral

dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fadillah. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

F.J Monks, dkk. (2002). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada Universiti Press.

Mahmud, (2009). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka setia, Nunik Purwaningsih, Purwati,

Halidah, Penggunaan Kartu Angka dalam Mengenal Konsep Bilangan Usia 5-6 tahun di Tk

Pembina Rasau Jaya (Skripsi Paud Untan Pontianak, 2009).

Nunik Purwaningsih, Purwati, Halidah. (2009). Penggunaan Kartu Angka dalam Mengenal

Konsep Bilangan Usia 5-6 tahun di Tk Negri Pembina Rasau Jaya (Skripsi Paud

Untan Pontianak).

Rohani, Ahmad. (200)1. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Rohani. (2016). Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain Jurnal

Paud, Vol, 1, No 2.

Rahman, T. (2020). PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK

MENINGKATKANKEMAMPUAN KOGNITIF (BERHITUNG) PADA ANAK USIA

DINI. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 1(1), 1-7.

Sadiman, Arief S. dkk. (2006). Media Pendidikan, Pengertian. Pengembangan dan

Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan Raja Grafindo Persada,

Santrock, Jhon. W. (2002). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Solo L. Robert. (2007). Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D.

Bandung: Alfabeta.

Sumanto. (2014). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Center of Academic Publishing

Service.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. (2013). Panduan PAUD. Jakarta: Gaung Persada

Press Group.

Published

2022-03-17

Citation Check