MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS KOLASE DARI KAIN PERCA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Wahyu Praptiwi Universitas PGRI Yogyakarta
  • Titik Mulat Widyastuti Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

Motorik halus, kolase, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan kain perca di KB TK Inklusi Srawung Bocah Non Reguler di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa KB TK Inklusi Srawung Bocah Non Reguler usia 4-5 tahan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumetasi. Analisis data dengan cara rating scale, mengumpulkan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan motorik halus anak usai dini di KB TK Inklusi Srawung Bocah Non Reguler saat kegiatan kolase menggunakan kain perca menujukkan bahwa keterampilan motorik halus anak mengalami peningkatan.

References

Hamidin. A, (2012). Kain Perca Sebagai Kerajinan. UNILA: Lampung.

Fahira Nabila, d. (2021). Pengaruh Kolase terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. PAUD

Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, No 2.

Guru, T. B. (2006). Pembelajaran Seni Rupa. Jakarta: Erlangga.

Iskandar. (2006). Penelitian Tindakan kelas. Ciputat: Gaung Persada Press.

Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mayesky, M. (2011). Aktivitas-aktivitas kreatif. Jakarta : PT. Indeks.

Muharrar Syakir, V. S. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik. Esensi: Erlangga Group .

Shofiyanti. (2012). Peningkatan Motorik Halus Melalui Pemanfaatan Limbah Kain Perca sebagai

Alternatif Media Penunjang Di Pembelajaran Seni. Semarang: Universitas Negeri

Semarang.

Sumanto. (2006). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Direktorat Jendral

Pendidikan Tinggi Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Tenaga Perguruan

Tinggi.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional.

Yuliani Nuraini Sujiono, B. S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta:

Indeks.

Yudha M Sapura & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan

Keterampilan Anak Tk. Jakarta, DepDiknas Dikti,Direktorat P2TK2PT.

Published

2022-03-01

Citation Check