PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA DAN SISTEM PENDIDIKAN JEPANG: MEMAJUKAN PENDIDIKAN BANGSA
Abstract
Setiap negara di dunia memiliki cara tertentu dalam membentuk karakter masyarakatnya. Cara dari masing-masing negara yang memiliki poin penekanan tertentu dalam tujuan pencapaiannya. Pendidikan sendiri memiliki peran yang strategis, hal ini dikarenakan pendidikan merupakan kunci kemajuan dari sebuah bangsa. Oleh karenanya pendidikan memiliki peran yang mana dapat menjadi alat yang tidak bisa dipisahkan dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian, kebebasan, dan keadilan sosial bangsa tersebut. Tujuannya agar mereka dapat tumbuh bukan sebagai kelompok individualis, namun unggul secara berkelompok dalam tim yang solid. Mengevaluasi kembali poin penekanan mengenai sikap sosial dalam sistem pendidikan di Indonesia dan membandingkannya dengan negara Jepang sebagai tolak ukur. Dengan harapan dapat menjadi acuan perbaikan dalam penanaman ilmu-ilmu sosial dan kebangsaan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dari beberapa jurnal serta artikel terkait. Kemudian disusun menjadi sebuah tulisan ilmiah yang tujuannya agar dapat menambah wawasan para pembaca. Melalui analisis perbandingan sistem pendidikan ini, khususnya dalam perbandingan sistem pendidikan Indonesia dan sistem pendidikan Jepang, semoga dapat menambah khazanah keilmuan bagi generasi muda dalam berkontribusi memunculkan solusi baru yang dikemudian hari diharapakan dapat mengembangkan lebih baik lagi perihal sistem pendidikan di Indonesia.
Kata Kunci: Sistem Pendidikan, Pendidikan Indonesia, Pendidikan Jepang