PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNARUNGU KELAS VII DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat pada anak tunarungu kelas VII di SLB Negeri 1 Kulon Progo dengan menggunakan media Gambar.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan (action research). Subyek penelitian ini terdiri dari siswa tunarungu kelas VII di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Peneitian dilaksanakan dalam dua siklus. Metoda yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metoda tes, metoda observasi dan metoda dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah instrument tes kemampuan menulis kalimat dan lembar observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pelaksnaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada kedua siklus menunjukkan peningkatan sebesar : subyek Titi memperoleh skor awal 80 menjadi 90 berarti meningkat 10 %, subyek Yono memperoleh skor awal 30 menjadi 80 berarti meningkat 50 %, subyek Rara memperoleh skor awal 30 menjadi 90 berarti meningkat 60 %, sedangkan untuk subyek Asi dari skor awal memperoleh 50 menjadi 80 berarti meningkat 30, subyek Ian memperoleh skor awal 50 menjadi 80 berarti meningkat 30 dan untuk subyek Imi dari skor awal memperoleh 30 setelah dilakukan tindakan memperoleh skor 80 berarti meningkat 50 %. Pada siklus kedua ini dilakukan modifikasi tindakan berupa latihan terus menerus dan disertakan gambar yang sesuai dengan kalimat dalam bacaan, pada akhir siklus II masing-masing subyek telah mencapai skor diatas KKM 70, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis kalimat siswa tunarungu kelas VII di SLB Negeri 1 Kulon Progo dapat ditingkatkan melalui media gambar
Kata Kunci: Kemampuan menulis kalimat, Anak tunarungu, Media gambar