BOJAR HURIKA MEDIA PEMBELAJARAN RAMAH LINGKUNGAN WUJUD AKOMODASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Isti Qomah, Dinar Westri Andini, Ayu Rahayu

Sari


ABSTRAK

Guru dihadapkan dengan keberagaman karakteristik di kelas, salah satunya keberagaman kemampuan kesiapan belajar, ada siswa yang mampu cepat memahami suatu materi pembelajaran tanpa mengalami kesulitan, ada siswa yang berada pada tingkat sedang sehingga membutuhkan bantuan dari guru, serta ada pula siswa yang membutuhkan bantuan penuh dalam memahami materi pelajaran. Keberagaman kemampuan tersebut harus disikapi dengan positif melalui upaya memberikan layanan pendidikan yang terbaik dari mulai perencanaan sampai pada penilaian yang bervariasi agar semua siswa mampu mencapai prestasi belajar mereka. Variasi cara belajar dimunculkan dengan salah satunya pengembangan media yang disediakan guru untuk belajar kreatif, praktek secara langsung dan dengan memberikan petunjuk yang bermakna akan membantu siswa memahami apa yang mereka pelajari serta memunculkan keterlibatan dan partisipasi seluruh siswa cermin pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusif. Tujuan dari artikel ini adalah menguraikan pengembangan media yang dirancang guru dalam memenuhi kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan berbeda-beda serta karakteristik siswa yang beragam. Media ini dinamakan dengan nama Bojar Hurika atau Botol Belajar Huruf Hitung Angka. Media ini dalam pelaksanaannya dapat dikemas dalam bentuk permainan edukatif, sehingga siswa bisa aktif dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran tematik, serta memenuhi kebutuhan belajar kemampuan siswa yang beragam di kelas inklusif.

 

Kata Kunci: bojar hurika, media pembelajaran, ramah lingkungan, akomodasi, tematik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ain, N., Fisika, D. P., & Malang, U. K. (2012). Nurul Ain & MarisKurniawati, Dosen Pendidikan Fisika Universitas Kanjuruhan Malang 316, 316–328.

Alumina, E., Al, O., Tanah, O. D., & Dengan, L. (2016). Lantanida Journal, Vol. 4 No. 1, 2016, 4(1), 1–10.

Andini, D. W. (2014). Penerapan Model Differentiated Instruction Dalam Mengakomodasi Keberagaman Siswa dan Dampaknya Terhadap Inklusifitas, Partisipasi, Motivasi Belajar dan Tingkat Pemahaman Siswa Di Kelas Inklusif. Repository.upi.edu.

Choiri, M. M. (2019). Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793

Courey, S., Courey, S. J., Tappe, P., Siker, J., & Lepage, P. (2013). Teacher Education and Special Education : The Journal of the Teacher Education Division of the Council for Exceptional Children, (November 2014). https://doi.org/10.1177/0888406412446178

Latifah, N., Vebrianto, R., Dan, T., Program, K., Pendidikan, S., Islam, U., … Kasim, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Blog Untuk Mata Pelajaran Sains, 18–19.

Rohmawati, A. (2015). Usia Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.