STRUKTUR MODEL MODIFIKASI PERILAKU BERBAASIS DISIPLIN POSITIF UNTUK ANAK ADHD
Keywords:
Modifikasi perilaku, Disiplin positif, Anak ADHDAbstract
Anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah anak dengan gangguan pada pemusatan perhatian dan dalam mengendalikan perilakunya, anak ADHD pada umumnya mengalami permasalahan perilaku yang kompleks. Salah satu permasalahan anak ADHD adalah perilaku hiperaktifitas yang mengakibatkan lingkungan sosial anak merasa terganggu dan perilaku ini dipandang sebagai perilaku yang negatif. Intervensi yang bisa dilakukan adalah pendekatan yang berusaha mengurangi perilaku negatif anak, dengan prinsip tetap menghargai anak sebagai peserta didik, pendekatan yang bisa digunakan yakni dengan modifikasi perilaku yang mengambil prinsip pendekatan disiplin positif. Maka pada tulisan ini penulis akan menjelaskan struktur dari  modifikasi perilaku berbasis disiplin positif untuk anak ADHD berdasarkan kajian literatur dan telaah kritis yang telah dilakukan.
References
Hallahan, Kaufman dan Pullen. (2009). Exceptional Learners, An introduction to special education. London: Pearson Education Ltd.
Kely, Evelyn. (2009). Encyclopedia of Attention Deficit Hiperactivity Disorder . California: ABC-Clio
Kewly, Geof. (2011). Attention Deficit Hiperactivity Disorder, What Can Teachers do. New York: Routlage
Martin, Garry dan Pear, Joseph. (2009). Behavior Modification, What it is and how to do it. London: Pearson Educarion Ltd.
Marlina. (2007). Assesmen dan Strategi Intervensi Anak ADHD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Purwanta, Edi. (2012). Modifikasi Perilaku, Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Timur, Hendryk. (2013). Penanganan Anak ADHD. Anak ADHD. Diambil pada tanggal 24 Maret 2015, dari http://www.adhd-centre.com/adhd-article/10-penanganan-anak-adhd-hiperaktif