PENERAPAN STRATEGI DRILL SENSORIMOTOR UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PADA ASPEK BAHASA BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Ribut Rustinah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi drill sensorimotor untuk meningkatkan ketrampilan menulis dalam pelajaran Bahasa materi menyalin kalimat sesuai bacaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research / Penelitian Tindakan Kelas, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktek dan proses dalam pembelajaran materi menyalin kalimat sesuai bacaan. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kwalitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek yang memperoleh perlakuan adalah  siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB BC YMS wonogiri di Ngadirojo yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes jawaban singkat dan melengkapi atau menebalkan tulisan.. Data yang diperoleh ditampilkan dalam bentuk grafik dan dianalisis dengan statistik diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan menulis dalam pelajaran Bahasa menyalin kalimat sesuai bacaan yang ditunjukkan melalui nilai rata-rata kelas pada awal siklus sebesar 71, pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 71,8, dan pada siklus ke II nilai rata-rata kelas sebesar 76,3.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi drill sensorimotor efektif dalam meningkatkan ketrampilan menulis dalam pelajaran Bahasa menyalin kalimat sesuai bacaan untuk anak tunagrahita  ringan kelas III di SLB BC YMS Wonogiri di Ngadirojo.


Kata Kunci


strategi drill sensorimotor, ketrampilan menulis, Bahasa, anak tunagrahita ringan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrachman, M. (1996). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud (Proyek Pendidikan Tenaga Akademik).

American Psychiatric Association. (2013). DIAGNOSTIC AND STATISTICAL MANUAL OF MENTAL DISORDER: FIFTH EDITION DSM-5. Washington: American Psychiatric Publishing.

Aqib, Zaenal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Irama Widya.

Kemis dan Rosnawati, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan. Khusus Tunagrahita.

Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Wijaya, A. (2013). Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita. Yogyakarta: Penerbit Imperium.

Yusuf, M. dan Legowo, E. (2007). Mengatasi Kebiasaan Buruk Anak Dalam Belajar Melalui Modifikasi Perilaku. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Sari view : 58 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.