PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS (EKONOMI) MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB/B KARYA MURNI RUTENG

Wilhelmus Jawa

Sari


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap peningkatan prestasi belajar IPS murid tunarungu  kelas dasar IV di SLB/B Karya Murni Ruteng. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu Siklus I dan siklus II. Adapun yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh murid tunarungu kelas dasar IV SLB/B Karya Murni Ruteng pada tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 6 (enam) orang. Pengumpulan data ditempuh dengan teknik tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar IPS  murid tunarungu  kelas dasar IV di SLB/B Karya Murni Ruteng  pada siklus I dengan penerapan metode bermain peran belum mencapai KKM, artinya belum tuntas; (2) prestasi belajar IPS murid tunarungu kelas dasar IV SLB/B Karya Murni Ruteng pada siklus II dengan penerapan Metode Bermain Peran sudah mencapai KKM, artinya tuntas; (3) ada peningkatan prestasi belajar IPS murid tunarungu kelas dasar IV SLB/B Karya Murni Ruteng setelah menerapkan metode bermain peran. Dengan demikian, disimpulkan bahwa metode bermain peran efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS murid tunarungu.


Kata Kunci


peningkatan, prestasi belajar IPS, metode bermain peran, murid tunarungu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdiknas. 2006. Standar Isi.Standar Kompetensi Lulusan dan Pedoman Penyusunan KTSP. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat PSLB.

Effendi, Mohammad.2005. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Malang:

Bumi Asara.

Fachruddin.1998.Program dan kegiatan Departemen Sosial dalam Upaya Menciptakan Kemandirian dan Kesejahteraan Para Penyandang Cacat. Makalah Seminar seharian. Makassar: Makalah Panitia seminar HMJ PLB FIP UNM.

Roestiyah,N.K. 2008. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta : Bina Aksara.

Solihatin E. & Raharjo, 2005.Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, Muhabbin, 2001. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Karya.

Wardani. I. G. A. K. 1997. Model 9 Bermain Peran. Dalam Suparman, A. (Ed), Model-Model Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Setia Lembaga Administrasi Negara.

Uno, H.B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Cetakan ketiga. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: RajaGrafindo.


Article Metrics

Sari view : 66 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.