PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS III SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN TUNA RUNGU PADA SLB-BC YMS WONOGIRI
Keywords:
media gambar, pendidikan kewarganegaraan, tunarunguAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan belajar melalui media gambar untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas III SLB-BC YMS Wonogiri di Ngadirojo tahun Pelajaran 2019/2020. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran PKn. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III Tuna rungu SLB-BC YMS Wonogiri di Ngadirojo yang berjumlah 8 siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan cara tes, observasi dan dokumentasi melalui tindakan kelas dalam dua siklus. Dari keseluruhan putaran /siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas III SLB Tuna rungu .Dapat dijelaskan bahwa prestasi belajar sebelum menggunakan media gambar ketuntasan belajar baru mencapai 25%, pada siklus I siswa yang tuntas belajar 75% dan pada siklus II semua siswa sudah tuntas 100% dalam mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal ( KKM} yang ditentukan yaitu 7, bahkan ada yang mencapai nilai di atas KKM.
References
Abdurrachman, M. (1996). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud (Proyek Pendidikan Tenaga Akademik).
American Psychiatric Association. (2013). DIAGNOSTIC AND STATISTICAL MANUAL OF MENTAL DISORDER: FIFTH EDITION DSM-5. Washington: American Psychiatric Publishing.
Aqib, Zaenal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Irama Widya.
Kemis dan Rosnawati, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan. Khusus Tunagrahita.
Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
Wijaya, A. (2013). Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita. Yogyakarta: Penerbit Imperium.
Yusuf, M. dan Legowo, E. (2007). Mengatasi Kebiasaan Buruk Anak Dalam Belajar Melalui Modifikasi Perilaku. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.