Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Produk Secara Online Menggunakan Facebook Berdasarkan Technology Acceptance Model Dan Theory Of Planned Behavior (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Yogyakarta)

Jajuk Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh sikap, norma-norma subyektif, kontrol perilaku, dan kegunaan pada minat menggunakan FB untuk pembelian online. Selain itu juga pengaruh kegunaan pada sikap, dan pengaruh kemudahan penggunaan pada sikap. Penelitian dilakukan di kota Yogyakarta pada bulan Juni 2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian (yang mengembalikan kuesioner dengan isian lengkap) sebanyak 114 orang mahasiswa, yang diambil secara purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Sikap terhadap penggunaan FB berpengaruh positif dan signifikan pada minat menggunakan FB untuk pembelian online; (2) Norma-norma subyektif berpengaruh positif dan signifikan pada minat menggunakan FB untuk pembelian online; (3) Kontrol perilaku berpengaruh positif dan signifikan pada minat menggunakan FB untuk pembelian online; (4) Kegunaan berpengaruh positif dan signifikan pada minat menggunakan FB untuk pembelian online; (5) Kegunaan berpengaruh positif dan signifikan pada Sikap terhadap penggunaan FB; (6) Kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan pada Sikap terhadap penggunaan FB.

Full Text:

##PDF##


DOI: https://doi.org/10.31316/akmenika.v16i1.169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Akmenika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.