PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 10 SMK
DOI:
https://doi.org/10.31316/2021Kata Kunci:
Pengembangan Audio Visual, Sejarah Indonesia, Proklamasi Kemerdekaan IndonesiaAbstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran audio visual untuk SMK kelas 10 dengan model pengembangan ADDIE (2) Kelayakan audio visual pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Sewon pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reserch and Development). Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu menggunakan langkah (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian audio visual untuk mengukur kevalidan, angket respon guru dan siswa serta observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan prestasi belajar untuk mengukur keefektifan
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perangkat pembelajaran berupa audio visual pada materi proklamasi kemerdekaan indonesia dengan melakukan anaisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Menyusunan rancangan audio visual serta penyusunan penilaian produk. Pengembangan dlakukan pengembangan perangkat pembelajaran dan instrument. Implementasi dilakukan uji coba produk di SMK N 2 Sewon dan dianalisis kekurangan dan kelebihan dari perangkat pembelajaran yang telah dikeangkan. (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan layak karena memenuhi kriteria valis, praktis, efektif. Penilaian kevalidan diperoleh skor 4,38. Penilaian kepraktisan menurut angket respon siswa diperoleh skor 3,99 dengan kategori praktis dan angket respon guru memperoleh skor 4,81 dengan ategori sangat praktis. Penilaian kepraktisan juga ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran yang presentasenya sebesar 80% dengan kategori sangat praktis. Penilaian keefektifan menurut tes prestasi belajar siswa diperoleh ketuntasan sebesar 96,77% dan nilai rata-rata siswa diperoleh 75,32 yang menunjukkan lebih besar dari KKM yang ditentukan yaitu 70, sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif.Referensi
Enawaty, E. & Sari, H. (2010). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pontianak Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 24-36.
Fitri, H. & Ismulyati, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Media Animasi pada Materi Koloid di Kelas XI IPA3 SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Edukasi Kimia, 1(1), 19-24.
Heriyanto. 2018. Pengembangan LKS Berbasis Contextual Teacher And Learning(CTL) Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk SD Kelas IV. Skripsi. Yogyakarta: UPY.
Ismaun. 2005. Sejarah Sebagai Ilmu. Bandung: Historia Utama Press.
Lestari, D.I. & Projosantoso, A.K. 2016. Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145-155.
Lia Pradilasari, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 07 (01). DOI : https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293.
Munirah, dkk. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pengajaran Mata Kuliah Morfologi Integrasi Pendidikan Budaya dan Nilai Karakter. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4 (1). DOI : https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.5227
Purba, Anjar A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15 (2). DOI : http://dx.doi.org/10.22373/jid.v15i2.578.
Sugihartono. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2017. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan r & d. Bandung: ALFABETA.
Sulistyanto. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual And Learning (CTL) Pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Bangun Datar Untuk Siswa Kelas IX SMP. Skripsi. Yogyakarta: UPY.
Wahyuni, T., Widiyatmoko, A., Akhlis, I. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Energi dalam Sistem Kehidupan pada Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4(3), 988-1004.
Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.