REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PROJEK BASED LEARNING (PjBL) di SMA SAINTEK BS UHAMKA

Penulis

  • Hari Naredi Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Ahmad Ruslan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • wardahsamiah Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inovasi yang diperlukan oleh pembelajaran sejarah dalam menghadapi stigma negatif mengenai pembelajaran sejarah yang dianggap “tidak menarik”. Inovasi pembelajaran yang dimaksudkan adalah rekontruksi pembelajaran sejarah melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menekankan pada penggunaan sumber literatur baik buku maupun artikel yang berkenaan dengan tema besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMA Saintek Boarding School Uhamka yang berfokus pada keterlibatan peserta didik dalam meyelesaikan projek-projek yang mengaitkan pemecahan solusi dengan realita kehidupan sehari-hari dan relevan dengan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik. Keterlibatan dalam pelaksanan pembelajaran tersebut dapat membentuk karakter pesera didik dan mengubah stigma pembelajaran sejarah yang dianggap “tidak menarik”.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-30

Cara Mengutip

Hari Naredi, Ahmad Ruslan, & wardahsamiah. (2023). REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PROJEK BASED LEARNING (PjBL) di SMA SAINTEK BS UHAMKA . KARMAWIBANGGA: Historical Studies Journal, 29–35. Diambil dari https://journal.upy.ac.id/index.php/karmawibangga/article/view/5307

Terbitan

Bagian

Articles