PERAN PKN MENGATASI FENOMENA KECINTAAN PRODUK LUAR YANG TERJADI DI INDONESIA

Authors

  • Detania Hidapenta Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1401

Keywords:

Ancaman, Nasionalisme, dan Bela negara

Abstract

Abstrak

Ancaman yang datang mengganggu kedaulatan Indonesia dari waktu semakin beragam. Tidak hanya dalam bentuk ancaman militer yang bisa dilihat oleh mata secara langsung, tetapi ancaman tak kasat mata lainnya jauh lebih banyak megancam kedaulatan negara. Salah satu wujudnya adalah kalahnya produk lokal denan produk luar dipasar Indonesia. Hal tersebut, jika dibiarkan secara terus menerus akan mengakibatkan rusaknya sitem ekonomi di Indonesia. Selain dari itu, apabila sistem ekonomi dalam suatu negara hancur maka kedaulatan negara pun dapat terancam. Disinilah fungsi dan peran dari nasionalisme dan bela negara pelu dikembangkan dan dipahami oleh masyarakat. Dalam hal ini selain diperlukannya pemahaman bela negara dan nasionalisme diperlukan juga sebuah realisasi dari hasil pemahaman tersebut, untuk menciptakan negara yang aman dan makmur. 

Kata kunci; Ancaman, Nasionalisme, dan Bela negara

 

Abstract

The threats that have come to interfere with Indonesia's sovereignty have varied from time to time. Not only in the form of a military threat that can be seen directly by the eye, but other invisible threats threaten the sovereignty of the state. One form of this is the defeat of local products with foreign products in the Indonesian market. This, if allowed to continue, will result in damage to the economic system in Indonesia. Apart from that, if the economic system in a country is destroyed, the sovereignty of the country can be threatened. This is where the functions and roles of nationalism and state defense need to be developed and understood by the community. In this case, apart from the need for an understanding of state defense and nationalism, a realization of the results of this understanding is also needed in order to create a safe and prosperous country.

Key words: Threats, Nationalism, and State Defense

References

Affan, M.H. dan Maksum, H. (2016). Membangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia Dalam Menangkal Budaya Asing Di Era Globalisasi. Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No.4, Oktober 2016, Hal 65 – 72. http://e-repository.unsyiah.ac.id/PEAR/article/viewFile/7542/6209

Budiyono. (2017). Memperkokoh Idiologi Negara Pancasila Melalui Bela Negara. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 5 No 1 April 2017, hal 55-63 http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/1148

Handayanni, S.A. (2019). Nasionalisme Dalam Perubahan Di Indonesia: Adaptasi Atau Transplantasi. Historia,Vol. 1, No. 2 – Januari 2019. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JH/article/view/6917/7100

Indrawan, J. dan Efriza. (2016). Membangun Komponen Cadangan Berbasis Kemampuan Bela Negara Sebagai Kekuatan Pertahanan Indonesia Menghadapi Ancaman Nir-Militer. http://jurnal.idu.ac.id/index.php/JPBH/article/view/395

Kusumawardani, A. dan Faturochman. (2004). Nasionalisme. Buletin Psikologi, Tahun XII, No. 2, Desember 2004. https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/viewFile/7469/5808

Munjiatun. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan, vol.6 No 2 November 2018. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/download/1924/1556#:~:text=Pendidikan%20karakter%20bertujuan%20untuk%20membentuk,dan%20percaya%2C%20dan%20berjiwa%20patriot.

Retnasari, L (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Warga Negara Muda. http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/download/3331/692

Setiawan, E. (2014). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Fashion Lokal Dan Impor. https://journal.uny.ac.id/index.php/economia/article/download/4093/3546

Siswanto. (2017). Mencintai Produk Dalam Negeri Sebagai Manifestasi Bela Negara Di Era Global Jurnal Pertahanan & Bela Negara | Desember 2017, Volume 7 Nomor 3. Diakses dari:http://jurnal.idu.ac.id/index.php/JPBH/article/view/231

Soegiono, F. (2012). Impor Vs Lokal: Studi Kasus Tentang Keputusan Membeli Makanan Kemasan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.1 No.1 (2012). https://media.neliti.com/media/publications/189464-ID-impor-vs-lokal.pdf

Sulistyono, S.T. (2018). Nasionalisme, Negara-Bangsa, Dan integrasi Nasional Indonesia: Masih Perlukah? Jurnal Sejarah Citra Lekha, Vol.3, No. 1, 2018, hlm.3-123 https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jscl/article/view/17912/pdf

Umra, S.I. (2019). Penerapan Konsep Bela Negara, Nasionalisme Atau Militerisasi Warga Negara Lex Raissance No. 1 VOL. 4 JANUARI 2019: 164 - 178 https://journal.uii.ac.id/Lex-Renaissance/article/download/14891/pdf

Widodo, S. (2011). Implementasi Bela Negara Untuk Mewujudkan Nasionalisme. Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume I, No 1, Januari 2011. http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/viewFile/572/522

Winataputra, U.S. Modul 1 Hakikat, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan di SD. http://repository.ut.ac.id/4011/1/PDGK4201-M1.pdf

Khairani, Z. dan Abdillah, M.R. (2018). Sikap Terhadap Kampanye 100% Cinta Indonesia, Etnosentrisme Konsumen, Dan Kesediaan Membeli Produk Lokal Indonesia Jurnal Daya Saing (Vol. 4, No. 3 Oktober 2018) https://www.researchgate.net/publication/329363135_SIKAP_TERHADAP_KAMPANYE_100_CINTA_INDONESIA_ETNOSENTRISME_KONSUMEN_DAN_KESEDIAAN_MEMBELI_PRODUK_LOKAL_INDONESIA/link/5c04c05f92851c63cab62eb4/download

Published

2021-05-09

Issue

Section

Articles