IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM MENGHADAPI MASALAH RASISME DAN DISKRIMINASI
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1448Abstract
Abstrak
Rasisme merupakan salah satu masalah yang sering kita jumpai dalam kehidupan. Kita tinggal di wilayah yang sangat rentan dengan maslah diskriminatif dikarenakan kekayaan yang kita punya. Indonesia memiliki aneka ragam suku, bangsa, ras, agama, bahasa, budaya, warna kulit, dan masih banyak yang lainnya. Rasisme sering terjadi karena perbedaan yang dimiliki, terutama karena fisik dan yang sering terjadi lebih sfesifik kepada warna kulit. Warna kulit sering menjadi hal yang sangat kontroversial karena banyak yang beranggapan bahwa kaum pemilik kulit putih lebih baik dari pemiliki kulit hitam sehngga terjadi kesenjangan sosial dan diskriminasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam artikel ini menggunakan studi pustaka berbagai sumber seperti jurnal, buku dan artikel. Hasil penelitian menunjukan bahwa kasus ketidakadilan seperti rasisme dan diskriminasi masih ditemukan di Indonesia. Padahal pancasila sebagai dasar negara menyatakan pada sila ke-2 dan sila ke-5 bahwa kemanusiaan yang adil dan beradad juga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Kata Kunci: Rasisme, Pancasila, Diskriminasi
Â
Abstract
Racism is one of the problems we often encounter in life. We live in a very vulnerable area with discriminatory issues because of the wealth we have. Indonesia has various ethnic groups, nations, races, religions, languages, cultures, skin colors, and many others. Racism often occurs because of differences, especially because of physicality and what often occurs is more specific to skin color. Skin color is often a very controversial thing because many think that white owners are better than black owners so that there is social inequality and discrimination. The method used is a qualitative and descriptive approach. The data collection techniques in this article use literature studies from various sources such as journals, books and articles. The results showed that cases of injustice such as racism and discrimination are still found in Indonesia. Whereas Pancasila as the basis of the state states in the 2nd and 5th principles that a just and civilized humanity is also social justice for all Indonesian people.
Keywords: Racism, Pancasila, Discrimination.
References
DAFTAR PUSTAKA
Al-Hafizh, M. (2016). Rasisme dalam Masyarakat Pascakolonial : Sebuah Analisis Wacana Kritis terhadap Novel-Novel Jacqueline Woodson. Humanus : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Humaniora, 15 (2), 177-194
Armiwulan, H. (2015). DISKRIMINASI RASIAL DAN ETNIS SEBAGAI PERSOALAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA. https://doi.org/10.14710/mmh.44.4.2015.493-502
Aziz, Abdul. 2006. Faham Keagamaan Liberal di Kota Makassar, dalam Nuhrison M Nuh (Ed). Paham-paham Keagamaan Liberal pada Masyarakat Perkotaan. Puslitbang Kehidupan Keagamaan, 177-202.
Avuan, Rona. 2020. PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BHINEKA TUNGGAL IKA TERHADAP ANGKA RASISME DAN DISKRIMINASI DI INDONESIA 2019. Jurnal Penelitian Agama, VI (1).
Barker, Chris. 2004. Cultural Studies, Teori dan Praktek, Yogyakarta: Kreasi Wacana. (Bila pustaka yang dirujuk berupa buku) Kuisioner Peneliti, https://docs.google. com/forms/d/14mK1wShMd2IfVJ8sKzH1P4aZ6l7XbRrpPKPF4Rzthnw/edit?usp=sharing
Bogdan, Robert C & Sari Knopp, B. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston: Allyn and Bacon, inc.
Christian, Y. Dkk. 2020. EMPATI DALAM RASISME DENGAN METODE DESIGN THINKING. Vol. 2, No.1. 2020.
Dewantara, J. A., Hermawan, Y., Yunus, D., Prasetiyo, W. H., Efriani, Arifiyanti, F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Anti-Corruption Education as an Effort to Form Students With Character Humanist and Law-Compliant. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 70–81.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103–115.
Dewantara, J. A., Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2021). Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 261–269.
Hidayati, N. 2020. Menangkal Rasisme di Era Digital. Vol.2 No.1.
Kusmiarti, U. 2020. Framing Pemberitaan Kompas.com Dalam Kasus Diskriminasi dan Rasisme Mahasiswa Papua di Surabaya Periode 16 Agustus - 21 Agustus 2019. Commercium, Volume 3 Nomor 3 Tahun 2020.
Kutha, Ratna Yoman. (2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Khotimah, K. (2009). Diskriminasi Gender Terhadap Perempuan Pada Sektor Pekerjan. 12.
Lestari, G. (2015). BHINNEKHA TUNGGAL IKA: KHASANAH MULTIKULTURAL INDONESIA DI TENGAH KEHIDUPAN SARA. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , 28 (1), 31-37.
Madyaningrum, M. E. (2010). Diskriminasi berdasar Identitas Sosial-Budaya dan Pendidikan HAM di Indonesia dalam Perspektif Psikologi Sosial. 2–4.
Nurgiansah, T. H. (2021a). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41.
Nurgiansah, T. H. (2021b). Petuah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kontestasi Politik. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(1), 39–47.
Nurgiansah, T. H. (2021c). The Role of Citizenship Education in Building Bantul Community Political Participation in The Pandemic Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(1), 1–4.
Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121.
Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1).
Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.
Nurgiansah, T. H., & Widyastuti, T. M. (2020). Membangun Kesadaran Hukum Mahasiswa PPKn UPY Dalam Berlalu Lintas. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pasundan, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pratama, D. S. (2016). Representasi Rasisme Dalam Film Cadillac Records. E-KOMUNIKASI, Vol.4 No.1, 1-11.
Pratikno, S, A. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jember: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Falah Assunniyyah
Rizki, A, M. Rona, A, D. 2020. PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BHINEKA TUNGGAL IKA TERHADAP ANGKA RASISME DAN DISKRIMINASI DI INDONESIA 2019. Jurnal Penelitian Agama. Vol. 6, No. 1. 2020.
Salman, G. (2019). Polisi Angkut Paksa 43 Orang dari Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya. Kompas.com. https://regional.kompas.com/read/2019/08/17/20374621/polisiangkut-paksa-43-orang-dari-asramamahasiswa-papua-di-surabaya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Alfabeta
Syaripulloh, S. (2014). Kebersamaan Dalam Perbedaan: Studi Kasus Masyarakat Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.