Peningkatan Pembelajaran Matematika Bangun Datar Dengan Menggunakan Media Quizizz Kepada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Sarirejo Semarang

Authors

  • Hana Juhar Susanti Universitas PGRI Semarang
  • Suyoto Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Ri’ah Nurhayati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.1529

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika bangun datar dengan menggunakan media quizizz, Kedua bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan quizizz untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika di SDN Sarirejo Semarang Observasi awal menunjukkan bahwa pada siklus 1 kurang menarik bagi peserta didik, sehingga siswa berbicara sendiri dan tidak fokus selama pelajaran dikelas. Media pembelajaran Quizizz memiliki potensi sebagai alat yang efektif dan cocok untuk peserta didik generasi abad 21. Penggunaan media edukasi berbasis web seperti Quizizz dapat membuat pelajaran matematika lebih menarik dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Sarirejo Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDN Sarirejo Semarang pada semester 2 Tahun ajaran 2024/2025 dengan sasaran penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 27 siswa. Data yang dinalisis meliputi kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data mencakup kegiatan Observasi dan penilaian tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentasi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus 1 70% dan meningkat menjadi 89% pada siklus II. Dari data tersebut dismpulkan bahwa penggunaan media belajar quizizz secara signifikan dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri Sarirejo Semarang.

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Bangun Datar, Media Quizizz

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad et al., 2021)Ahmad, H., Latif, A., & Yakin, A. A. (2021). Media quizizz sebagai aplikasi assessment pembelajaran. Nas Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=7KA4EAAAQBAJ

Harawi, W., Nasution, R., & Nasution, A. S. (2021). Quizizz : Science learning media in elementary school in developing critical thinking skills. 5(1), 26–30. Journals, M. E., Rahmasari, E., Syaifuddin, M., Azmi, R. D., & Education, M. (2022). Development of Quizizz Application-Based Assessment to Measure Reasoning Ability of Middle School Students’ on Flat Shape Materials. 6(2), 204–216.

Kadek Yudiana, S. P. M. P., Pebriani, P. W., Riani, P. E. V, Lestari, K. A. M., Utami, K. N. Y., Asrini, P. I., & Manuaba, I. B. A. L. (2024). Gemar Membaca dengan E-Book dan Quizizz untuk Meningkatkan Literasi. Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=X9f9EAAAQBAJ

Lestari et al., 2021 Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288

Lestari, S., Zifa, M., & Fatimah, S. (2021). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Game Quizizz Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Panunggalan Semester Genap Tahun 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 27–35. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.89

Motivasi, M., Siswa, B., & Vi, K. (2023). Widyaguna : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Widyaguna : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(2), 22–29.

Nisa, A. C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Quizizz. 9(1), 310–317. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4459

Pujawan, I. M. (2022). Implementasi Model Berbasis Quizizz Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas V Semester II SD Negeri 2 Pangkung Karung. 3, 34–43. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566356

Rizkika Eprina et al., 2023 Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288

Rizkika Eprina, S., Witono, H., Lestari, S., Prajabatan, P., & Keguruan, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Bangun Datar Dengan Media Quizizz Mode Kertas Kelas 4 SD Negeri 33 Mataram. Journal of Science Instruction and Technology, 3(1), 73–78.

Sangsit, S. D. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 5 Sangsit. 3, 189–198. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575177

Sasmito et al., 2024 (Yuliana, 2016)(Al Mawaddah et al., 2021)(Nisa, 2023)(Motivasi et al., 2023)(Pujawan, 2022)(Sangsit, 2022)

Yuliana. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD melalui model problem based learning (PBL) berbantuan aplikasi quizizz. XX, 1–23.

Downloads

Published

2024-07-11

Issue

Section

Articles