PENGARUH MODEL DISCOVERY DAN CONVENTIONAL LEARNING TERHADAP MOTIVASI SISWA DAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1592Abstract
Abstrak
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan mata pelajaran inti dan sudah diajarkan kepada siswa sejak Sekolah Dasar hingga jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu perlu adanya Model Pembelajaran dan motivasi agar peserta didik tidak merasa jenuh dan mengalami kesulitan karena proses penyampaian materi yang monoton dalam belajar PPKn. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental Design. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery dan Conventional Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa UPTD SMPN 1 Labang Bangkalan, 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery dan Conventional Learning terhadap motivasi siswa UPTD SMPN 1 Labang Bangkalan, 3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran Discovery dan Conventional Learning terhadap motivasi siswa dan hasil belajar PPKn UPTD SMPN 1 Labang Bangkalan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII sebanyak 240 siswa, yang menjadi sampel adalah kelas VIIa dan kelas VIIb, penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh Model Pembelajaran Discovery dan Conventional Learning terhadap hasil belajar diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05, kedua Ada pengaruh model pembelajaran Discovery dan Conventional Learning terhadap motivasi siswa diperoleh nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05, dan yang ketiga Ada interaksi antara Model Pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai sig. 0,038 < 0,05 sesuai dengan kriteria uji Two Way Anova.
Kata kunci: Discovery Learning, Conventional, Motivasi dan Hasil Belajar
Â
Abstract
Pancasila and Citizenship Education (PPKn) is a core subject and has been taught to students from elementary school to higher levels. Therefore, it is necessary to have a learning model and motivation so that students do not feel bored and experience difficulties due to the monotonous process of delivering material in learning Civics. This study uses a Quasi Experimental Design research method. The aims of this study were 1) to determine the effect of the Discovery and Conventional Learning learning models on the Civics learning outcomes of UPTD SMPN 1 Labang Bangkalan students, 2) To determine the effect of the Discovery and Conventional Learning learning models on the motivation of UPTD SMPN 1 Labang Bangkalan students, 3) To determine the interaction between models Discovery learning and Conventional Learning on student motivation and learning outcomes of PPKn UPTD SMPN 1 Labang Bangkalan. The population in this study was all class VII as many as 240 students, the samples were class VIIa and class VIIb, the determination of the sample was carried out using purposive sampling. The results showed 1) there was an influence of the Discovery Learning Model and Conventional Learning on the learning outcomes obtained by the value of sig. of 0.000 <0.05, secondly there is an influence of the Discovery and Conventional Learning learning models on student motivation, the value of sig is obtained. of 0.001 < 0.05, and the third There is an interaction between the learning model and motivation on learning outcomes as evidenced by the value of sig. 0.038 <0.05 according to the criteria for the Two Way Anova test.
Keywords: Discovery Learning, Conventional, Motivation and Learning Outcomes
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Aswita, Effi Lubis. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Medan: Unimed Press.
Depdikbud. 2014. PERMENDIKBUD No.58 Th. 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Perrtama/Madrasah Tsanawiyah. [Online]. Tersedia: http://staff.unila.ac.id/ngadimunhd/files/2012/03/Permen-58-ttg-Kurikulum-SMP.doc. Diakses dari laman web tanggal 23 januari 2020.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta (Edisi ketiga).
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitri, Mariza dan Derlina. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Inpafi, 3 (2), 89-96. Diakses melalui https://jurnal.unimed.ac.id pada tanggal 15 januari 2020.
Gijoh, Rienly. 2013. Motivasi, Kompetensi dan Budaya Kerja Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Outsourcing Pada Hotel Sintesa Peninsula Manado. Junal EMBA, 1 (4), 1963-1973. Diakses melalui https://ejournal.unsrat.ac.id Pada Tanggal 15 Januari 2020.
Halim, Soesilowati dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Number Head Together Terhadap Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 14 (1), 55-61. Diakses melalui https://jurnalfkip.unram.ac.id Pada tanggal 15 Januari 2020.
Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Helmiati. 2016. Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Jalil, Muhamad dkk. 2016. Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan tips Powerpoint Interaktif pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Jurnal Refleksi Edukatika, 6 (2), 130-137. Diakses melalui https://jurnal.umk.ac.id pada tanggal 15 januari 2020.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena
Lestari, Indah. 2013. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3 (2), 115-125. Diakses melalui https://journal.lppmunindra.ac.id pada tanggal 15 Januari 2020.
Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Edisi Pertama. Jakarta: Bina Aksara
Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566
Nurgiansah, T. H., Hendri, & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 10–23.
Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.
Nuryadi, dkk. 2017. Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media
Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing
Putrayasa, I Made. 2014. Pengauh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Riduwan dan Sunarto. 2012. Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Rosarina, Gina dkk. 2016. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 371-380. Diakses melalui https://ejournal.upi.edu Pada Tanggal 15 Januari 2020.
Salmon, A. et al. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Matematika Model Pembelajaran Discovery Learning. Makalah Universitas Patimura Ambon: tidak diterbitkan.
Samsudin, Salidi. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung Penerbit Pustaka Setia
Samsuri. 2011. Pendidikan Karakter Warga Negara. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Siyoto, Pandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metode Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Subagio. 2011. Peran Pendidikan dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas. Diakses dari http://subagio-subagio.Blogspot.com. pada tanggal 16 April 2020, Jam 09:30 WIB.
Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suradi. 2019. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai dan Pendidikan Hukum dalam Mewujudkan Warga Negara yang Cerdas dan Baik (Smart and Good Citizen). Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum, & Pengajarannya. Volume XIV Nomor (2), Oktober 2019 (halaman 112 - 121) diakses melalui https://ojs.unm.ac.id pada tanggal 16 April 2020 jam 09.55 WIB.
Susanto, Hadi. 2016. Model Pembelajaran Discovery Learning. Diakses melalui https://bagawanabiyasa.wordpress.com pada tanggal 12 Februari 2020
Sri Widyastuti, Ellyza. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015. Universitas Negeri Surabaya.
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Veermans, K. 2003. Intelligent Support For Discovery Learning. Twente: Twente University Press
Winataputra, Udin S. 2014. Pembelajaran PKN di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Wagiran. 2013. Metodologi Penlitian Pendidikan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: CV Budi Utama
Wartono. 1999. Metode Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.